FITNESS & HEALTH

Alasan Kanker Payudara Butuh Waktu Lama untuk Berkembang

Raka Lestari
Kamis 29 Oktober 2020 / 16:05
Jakarta: Kanker payudara yang dikenal juga dengan silent killer, memiliki proses perkembangan penyakit yang sulit dideteksi, sampai akhirnya sudah dalam stadium akhir. Penting untuk kamu mengetahui bahwa tidak semua kanker payudara tumbuh dengan cara yang sama.

Kanker payudara dapat berkembang pada kecepatan yang berbeda. Kata para ahli, banyak faktor yang mempengaruhi seberapa cepat atau lambat prosesnya.

“Kanker payudara terjadi ketika sel-sel mulai membelah tanpa henti,” kata Dr Debra Patt M.D., ahli onkologi, spesialis kanker payudara, dan wakil presiden eksekutif Texas Oncology.

“Sebuah sel kanker harus membelah sekitar 30 kali sebelum dapat dirasakan sebagai tumor, dengan diameter sekitar setengah inci,” menurut Robert W. Franz Cancer Research Center di Providence Portland Medical Center.

Menurut Dr Deborah M. Axelrod M.D., seorang ahli bedah payudara dan profesor di NYU Langone Health's Perlmutter Cancer Center, kanker payudara bisa tumbuh lambat, agresif, atau menengah. Rata-rata, kata Dr Axelrod, waktu yang dibutuhkan tumor untuk menggandakan ukuran adalah antara 50 dan 150 hari.

“Untungnya, kebanyakan kanker payudara tidak agresif. Satu pembelahan sel bisa memakan waktu hingga satu atau dua bulan, yang berarti tumor kanker payudara, bahkan yang kecil, mungkin akan berkembang secara diam-diam selama dua hingga lima tahun," tambah Axelrod.

Jika seseorang terdiagnosis menderita kanker payudara, maka akan ada tingkatan-tingkatannya. Pada tahapan satu hingga empat, menunjukkan seberapa jauh perkembangan penyakit dan mengetahui apakah penyakit tersebut sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

"Beberapa jenis kanker payudara dapat diketahui tumbuh lebih cepat daripada yang lain, seperti kanker triple-negatif dan kanker positif HER2," kata Dr Janet Yeh M.D., seorang ahli bedah payudara di NYU Langone Hospital – Brooklyn.

Beberapa jenis lebih lambat. Misalnya kanker payudara tubular, kanker saluran jaringan di payudara yang cenderung berbentuk tabung, biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama untuk berkembang.
(FIR)

MOST SEARCH