FITNESS & HEALTH

5 Siasat Hadapi Si 'Rule Breaker' dalam Prokes Covid-19

Raka Lestari
Selasa 01 Desember 2020 / 13:30
Jakarta: Salah satu cara untuk mencegah penularan covid-19 adalah dengan melakukan jaga jarak atau social distancing. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kesadaran untuk melakukan social distancing pada tempat-tempat umum.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan dalam menghadapi hal tersebut? Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi orang lain yang tidak mau patuh terhadap protokol kesehatan:
 

1. Cobalah berbicara dengannya


Jika seseorang yang berada di sekitar kamu mengabaikan protokol kesehatan, cobalah jelaskan pada mereka mengapa kamu menaati peraturan tersebut. 

“Dukung alasan kamu tersebut dengan memberikan fakta-fakta kepada mereka,” kata Jennifer Tomko, psikoterapis di Clarity Health Solutions. Meskipun cara ini tidak selalu berhasil, Tomko menyarankan untuk mencobanya terlebih dahulu.
 

2. Hindari konfrontasi secara langsung


Dalam menangani situasi yang tidak nyaman seperti ini, cara yang terbaik adalah bersikap sopan. Hindari juga menegurnya dengan nada suara yang tinggi atau kasar. 

“Saran terbaik ketika berurusan dengan mereka yang melanggar aturan jarak sosial adalah dengan berasumsi (atau setidaknya berpura-pura) bahwa pelanggar tersebut tdak salah dan tidak menggunakan kata-kata yang menghakimi atau menyudutkan mereka,” kata Nick Leighton, pakar etiket di Wereyouraisedbywolves.com.


covid-19
(Pemerintah telah memberikan arahan protokol kesehatan covid-19 untuk menghindari covid-19. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

3. Jangan melakukannya sendiri


Jika kamu berada dalam lingkungan profesional, sering kali yang terbaik adalah melaporkan masalah kepada manajemen daripada mencoba berurusan dengan sesama karyawan atau dengan teman sendiri. Sebaliknya, beri tahu atasan bahwa seseorang di ruang kerja mungkin tidak mengikuti pedoman yang tepat.
 

4. Fokus terhadap hal yang bisa kamu kontrol


Masa pandemi tidak hanya berdampak pada fisik, tetapi juga pada kesehatan mental kita. Mengingatkan diri sendiri untuk hanya fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan akan membuat otak lebih bahagia dan lebih sehat. 

“Jadi, bebaskan diri dari rasa frustrasi terhadap perilaku orang lain dengan memastikan bahwa kamu sudah melakukan hal yang terbaik untuk tetap aman dan itulah hal terbaik yang bisa kamu lakukan,” ujar Tomko.  
 

5. Tinggalkan 


“Jika kamu berada dalam situasi di mana kamu tidak merasa aman, sangat bisa dipahami kalau kamu meninggalkan orang-orang tersebut sebisa mungkin,” kata Ken Eulo, dari Smith & Eulo Law Firm.

Sebisa mungkin, jika kamu bisa menghindari orang-orang yang melakukan pelanggaran tersebut maka lakukanlah. Jangan lupakan untuk melakukan protokol kesehatan 3M lainnya ya, yaitu memakai masker dan mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)

MOST SEARCH