FITNESS & HEALTH

5 Cara Usir Kantuk Saat WFH

Sandra Odilifia
Selasa 01 Desember 2020 / 14:39
Jakarta: Apakah kamu sering mengantuk saat bekerja dari rumah (WFH)? Tentu saja baik bekerja di kantor atau di rumah sama-sama pernah mengalami rasa kantuk yang sudah 'level dewa' ya.

Memang kalau sudah begini sangat menyebalkan karena dapat memengaruhi performa kamu dalam bekerja.

Ngantuk biasanya disebabkan karena kamu kurang tidur, terlalu banyak berpikir atau berdiam diri dalam waktu yang lama. Melansir Healthline, berikut lima cara mengatasi ngantuk saat kerja dari rumah (WFH):
 

1. Kafein


Secangkir kafein bisa menjadi pendorong energi yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Selain itu, kafein juga meningkatkan kemampuan berpikir, kinerja mental, dan membantu kamu melawan rasa kantuk. 
 

2. Berdiri dan berjalan


Terlalu lama duduk di satu tempat dapat memperburuk rasa ngantuk di siang hari. Jadi, bangunlah secara berkala untuk membantu kamu tetap terjaga dan lebih fokus pada pekerjaan. Berjalan-jalan sebentar juga dapat membuat aliran darah kamu lancar lho!


ngantuk
(Coba percikan wajah dengan air keran agar wajah kembali segar dan kamu bisa melanjutkan pekerjaan lagi. Foto: Pexels.com)
 

3. Percikan air dingin ke wajah


Jika kamu kesulitan untuk tetap terjaga saat bekerja, pergilah ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah kamu. Cara sederhana ini dapat menyegarkan tubuh kamu dengan instan.
 

4. Dengarkan musik upbeat


Untuk mengatasi rasa ngantuk saat wfh, kamu harus mencoba mendengarkan musik yang upbeat. Sebab, alunan musik yang ceria dapat memberi semangat dan membangunkan otak kamu dari rasa ngantuk. Jangan lupa, semakin tinggi musiknya, semakin baik efeknya!
 

5. Tidur sebentar


Terakhir, jika kamu masih merasa ngantuk juga, mungkin sedikit menutup mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi rasa ngantuk saat WFH.

Jika memang kamu harus memejamkan mata, tidurlah selama 15-30 menit untuk memberi kamu cukup energi. Jangan lupa menyetel jam alarm untuk memastikan kamu tidak tidur terlalu lama ya!
(TIN)

MOST SEARCH