FITNESS & HEALTH

Raisa Ungkap Tips Jaga Kesehatan Tulang

Raka Lestari
Kamis 22 Oktober 2020 / 16:15
Jakarta: Persatuan Osteoporosis Indonesia memperkirakan sekitar 90 persen dari perempuan Indonesia mengalami osteopenia. Jika dibiarkan, osteopenia ini bisa menyebabkan osteoporosis. 

Dan berdasarkan penelitian dari International Osteoporosis Foundation risiko perempuan untuk terkena osteoporosis empat kali lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Raisa Andriana, salah satu penyanyi Indonesia menceritakan mengenai betapa pentingnya menjaga kesehatan tulang bagi dirinya.

“Menjaga kesehatan tulang penting banget karena kegiatan aku sebagai penyanyi memang cukup menantang untuk tulang karena sering memakai high heels,” ujar Rasia.

“Selain itu, ada banyak juga kegiatan yang aku lakukan di atas panggung. Aku juga olahraga seperti kardio yang cukup menantang untuk tulang. Dan yang pasti, kesehatan tulang itu menjadi concern utama aku apalagi aku kan sudah hamil dan menyusui," ujar Raisa dalam Virtual Media Briefeing CDR Ajak Permpuan Indonesia Cegah Osteoporosis, Kamis 22 Oktober 2020.

"Dan perempuan yang hamil dan menyusui itu kan rentan terkena osteoporosis,” timpalnya lagi.

Menurutnya, kalau tulang tidak sehat tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk menjaga agar kesehatan tulang tetap terjaga Raisa mengatakan bahwa dirinya memilih untuk mengonsumsi makanan yang sehat serta rajin berolahraga. 

“Concern aku terhadap osteoporosis cukup besar ya karena kita sehari-hari melakukan aktivitas fisik butuh tulang yang kuat. Dan osteoporosis kan tidak hanya orang tua saja tetapi anak muda juga bisa kena. Dan yang lebih seram lagi, risiko terbesar itu kan ada pada perempuan,” ujar Raisa. 

Menurut Raisa, sebagai perempuan sudah sebaiknya memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan tulang. Dan juga jangan lupa untuk melakukan upaya-upaya preventif. “Mencegah kan lebih baik daripada mengobati,” ujarnya. 

“Aku di masa pandemi ini juga biasanya olahraga di ruang terbuka, kalau bisa yang ada hijau-hijaunya soalnya kan kita butuh vitamin D juga untuk tulang," ucap istri dari Hamish Daud Wyllie ini.

"Dan jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi suplemen. Meskipun sudah makan sehat dan olahraga, kita kan tidak bisa mengukur apakah kalsium dan vitamin D sudah cukup. Makanya aku memenuhinya dengan minum suplemen,” pungkas Raisa.
(TIN)

MOST SEARCH