BEAUTY

Pengaruh Penuaan pada Kulit

Sandra Odilifia
Selasa 27 Oktober 2020 / 13:16
Jakarta: Seiring bertambahnya usia, kamu mungkin merasakan perubahan alami yang terjadi pada kulit kamu. Akan tetapi, faktor penuaan kulit juga dapat disebabkan oleh sinar matahari, cuaca, keturunan, dan gaya hidup yang buruk.

Misalnya, kebiasaan merokok dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga molekul oksigen yang dulunya sehat, sekarang menjadi terlalu aktif dan tidak stabil. Kemudian, radikal bebas itu merusak sel dan menyebabkan kerutan dini.
 

Perubahan kulit yang muncul seiring bertambahnya usia


Melansir WebMD, seiring bertambahnya usia, kamu mungkin merasakan perubahan-perubahan alami pada kulit seperti, kulit menjadi lebih kasar, kulit mengembangkan lesi seperti tumor jinak dan hilangnya jaringan elastis yang menyebabkan kulit kendur.

Selain itu, kulit menjadi lebih transparan, rapuh dan mudah memar karena penipisan epidermis. Penuaan juga menghilangkan lemak di bawah kulit pada area pipi, pelipis, dagu, hidung, dan mata sehingga menyebabkan kulit kendur, mata cekung, dan tampak seperti "kerangka".

Memasuki usia 60 tahun, pengeroposan tulang mulai dapat terlihat, sebagian besar di sekitar mulut dan dagu, itulah yang menyebabkan kerutan pada kulit di sekitar mulut.


penuaan
(Pada usia 30-an, kulit mulai kehilangan elastisitas. Ini membuat garis-garis gerakan wajah di dahi, pelipis, pipi atas atau sekitar mulut menjadi lebih jelas dan terlihat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Faktor penuaan kulit yang banyak di sepelekan


Faktor lain penyebab perubahan kulit yang sering disepelekan biasanya akibat tekanan, gerakan wajah, dan posisi tidur.

Ketika kulit kehilangan elastisitasnya, tekanan gravitasi menyebabkan alis dan kelopak mata terkulai, kendur dan mengumpul di bawah pipi serta rahang. Cuping telinga juga tampak lebih panjang.

Kulit mulai kehilangan elastisitas biasanya saat orang mencapai usia 30-an dan 40-an. Ini membuat garis-garis gerakan wajah di dahi, pelipis, pipi atas atau sekitar mulut menjadi lebih jelas dan terlihat.

Ketika kulit mulai kehilangan elastisitasnya, lipatan tidur dapat terlihat jelas. Untuk mencegahnya, kamu harus membiasakan tidur dengan posisi telentang.
 

Benarkah sinar matahari penyebab utama penuaan kulit?


Sinar ultraviolet (UV) matahari merusak serat tertentu pada kulit yang disebut elastin. kerusakan akibat sinar matahari mungkin tidak terlihat saat kamu masih muda, tetapi itu akan terjadi di kemudian hari.

Tidak ada yang dapat sepenuhnya menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari, meskipun kulit terkadang dapat memperbaiki dirinya sendiri. Laser juga hanya membantu membalikkan sebagian kerusakan.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang lindungi diri kamu dari paparan sinar matahari dan kanker kulit. Kamu dapat menunda penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari dengan menutupi kulit, memakai topi, dan membiasakan diri menggunakan tabir surya.

(TIN)

MOST SEARCH