FITNESS & HEALTH

5 Cara Atasi Nyeri Sendi dan Otot Selama WFH

Raka Lestari
Selasa 15 Juni 2021 / 17:17
Jakarta: Kondisi pandemi covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini, dapat meningkatkan ketidakaktifan fisik selama berada di rumah, yang tanpa disadari memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan, salah satunya gangguan muskuloskeletal seperti nyeri sendi dan otot.

Dijelaskan oleh dr. Edo Adimasta, Medical Expert Combiphar, “Duduk secara terus menerus selama lebih dari 40 menit, akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan pada jangka panjang dapat melemahkan otot di sekitar sendi."

"Otot sekitar sendi mempunyai peran penting dalam mengurangi beban cepatnya keausan pada tulang rawan sendi, hilangnya fleksibilitas, dan nyeri pada sendi," ujar dr. Edo dalam acara virtual media briefing Combiphar pada Selasa, 15 Juni 2021.

"Karenanya nyeri sendi merupakan salah satu gejala paling sering yang dialami kebanyakan orang dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak," tambah dr. Edo.

Ia juga menambahkan, "Belum lagi pada saat pandemi dan fenomena WFH, dimana kurangnya fasilitas di rumah dan pengetahuan yang memadai, memaksa masyarakat duduk sambil bekerja dan berkegiatan dengan postur atau posisi tubuh yang tidak sesuai (tidak ergonomis), yang akan menambah risiko gangguan persendian."  


sendi
(Saat wfh, lakukan perenggangan setiap 20 atau 30 menit sekali selama 5 hingga 10 menit, secara berkala agar tubuh tetap aktif dan menguatkan otot. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)


Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah lima hal yang dapat dilakukan untuk menghindari nyeri sendi dan otot:

1. Tetap aktif secara fisik dengan menggerakkan tubuh. Bangunlah dari duduk dan lakukan perenggangan setiap 20 atau 30 menit sekali selama 5 hingga 10 menit, secara berkala.

2. Lakukan aktivitas low-impact yang tidak membebani persendian, seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, berkebun, senam, dan menari.

3. Melatih kekuatan otot, seperti mengangkat beban dan olahraga dengan resistance band dapat membantu memperkuat tulang dan tentunya otot yang menopang persendian.

4. Latih fleksibilitas dan keseimbangan. Sendi yang kaku akan menyulitkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Gerakan peregangan, yoga, dan tai chi yang lembut dan mudah bagi pemula dapat melatih rentang gerak pada persendian sekaligus membantu melenturkan sendi.

5. Siapkan pereda nyeri topikal atau antiinflamasi nonsteroid demi kenyamanan aktivitas fisik sehari-hari.   

(TIN)

MOST SEARCH