FITNESS & HEALTH

5 Cara Alami Meningkatkan Kualitas Sperma

Raka Lestari
Senin 30 November 2020 / 20:44
Jakarta: Salah satu cara agar bisa terjadinya kehamilan adalah sperma yang berkualitas. Akan tetapi, ada cukup banyak kasus pria memilki sperma yang tidak berkualitas. Hal ini tentunya dapat mengganggu kesuburan. Untuk mengatasinya, bisa melakukan konsultas dengan dokter.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma secara alami dilansir dari WebMD:
 

1. Berolahraga


Kita semua tahu bahwa melakukan olahraga dalam secara moderat dapat meningkatkan suasana hati. Akan tetapi, tidak hanya baik untuk suasana hati ternyata berolahraga juga bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma. 

Para peneliti menemukan bahwa pria yang melakukan olahraga, setidaknya tiga kali seminggu selama satu jam menunjukkan adanya peningkatan jumlah dan kualitas sperma.
 

2. Tidak stres


Mengurangi stres mungkin sesuatu yang mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama jika kamu memiliki tekanan untuk memiliki anak. Dalam sebuah studi terhadap 950 pria, para peneliti menemukan bahwa pria yang mengalami kejadian yang membuat stres sebelum melakukan perawatan kesuburan cenderung memiliki sperma yang lebih sedikit dan kualitas sperma yang buruk.
 

3. Hentikan kebiasaan merokok


Pria yang merokok cenderung memiliki sperma yang lebih sedikit, dengan kualitas yang buruk dan kepadatan sperma yang lebih rendah. Pria yang memiliki kebiasaan merokok juga cairan air mani (semen) yang lebih sedikit daripada pria yang tidak memiliki kebiasaan merokok.
 

4. Tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang


Beberapa jenis obat-obatan terlarang, seperti kokain dan heroin dapat memengaruhi kemampuan pria untuk ereksi atau dapat menyebabkan gangguan ereksi. Selain itu, ganja atau marijuana juga dapat memengaruhi kemampuan pria untuk memproduksi sperma.

Obat-obatan terlarang dan ganja juga dapat mengurangi tingkat mortalitas sperma atau mencegah sperma berkembang secara normal.
 

5. Mengonsumsi makanan yang tepat


Usahakan memilih makanan atau diet yang mengandung buah-buahan dan sayuran segar dalam jumlah yang cukup. Buah-buahan dan sayuran segar dapat meningkatkan kualitas sperma. Mengosumsi lebih sedikit makanan yang mengandung lemak dan lebih sedikit protein juga dapat membantu dalam memengaruhi kualitas sperma pada pria.
(TIN)

MOST SEARCH