FITNESS & HEALTH

Studi: Tidak Memakai Masker Dikaitkan dengan Trait Antisosial

Kumara Anggita
Rabu 28 Oktober 2020 / 13:38
Jakarta: Pandemi ini membuat kita perlu memakai masker untuk melindungi orang lain maupun diri kita sendiri. Kendati demikian, masih ada orang yang tidak mau melakukannya.

Dikutip dari Independent, para ilmuwan di Brasil telah mengaitkan resistansi terhadap tindakan pengamanan covid-19, seperti memakai masker, dengan ciri kepribadian antisosial. 

Penelitian mereka adalah yang pertama di Amerika Latin dan mereka telah menyurvei lebih dari 1.500 orang berusia 18-73 tahun.

Berdasarkan analisis yang mereka buat ada dua yang diidentifikasi yaitu profil pola antisosial yang resisten terhadap tindakan keamanan covid-19 dan profil pola empati yang patuh.

Profil antisosial dikaitkan dengan skor yang lebih tinggi pada orang yang dianggap tidak berperasaan, melakukan tipu daya, melakukan permusuhan, impulsif, tidak bertanggung jawab, manipulatif, dan suka mengambil risiko.

"Sifat antisosial yang menurut catatan penelitian biasanya ada pada orang yang didiagnosis dengan Antisosial Personality Disorder (ASPD),”  jelas penelitian tersebut. 


masker 3
(Para ilmuwan di Brasil telah mengaitkan resistansi terhadap tak memakai masker dengan ciri kepribadian antisosial. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Kelompok ini juga memiliki skor yang lebih rendah dalam resonansi afektif.

Sementara profil pola empati menunjukkan skor yang lebih tinggi dalam resonansi afektif dan skor yang lebih rendah pada sifat-sifat yang terkait dengan ASPD.

Tim yang melakukan penelitian tersebut berharap temuan tersebut akan membantu membujuk pejabat kesehatan untuk berbuat lebih banyak untuk mendidik masyarakat dan memengaruhi kebijakan mereka.

"Melalui pemeriksaan yang menunjukkan peningkatan pada ciri-ciri ASPD ini, intervensi dapat dilakukan dengan tujuan pada kesadaran yang lebih besar dan kepatuhan konsekuen dengan tindakan penahanan," ungkap tim.

Jadi pastikan untuk tetap melakukan 3M memakai masker saat keluar, jangan lupa pula menjaga jarak dan mencuci tangan. Ini buat dirimu dan juga orang lain. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)

MOST SEARCH