FITNESS & HEALTH

Awas, 5 Penyakit Ini Bisa Sebabkan Bau pada Organ Vital Pria

Mia Vale
Minggu 26 Juni 2022 / 10:05
Jakarta: Kebersihan organ vital haruslah dijaga. Tak hanya perempuan, para pria pun wajib menjaga kebersihan organ vitalnya. Kalau hanya bau biasa, itu hal wajar pada organ intim pria. Tai, kalau aromanya telah berubah atau menjadi lebih kuat, mungkin saa itu menjadi tanda kondisi yang mendasarinya.

Bila kondisinya tidak serius, tentu masih dapat dengan mudah diobati. Misal, pria yang tidak disunat dapat mengembangkan penumpukan sel kulit di bawah kulup mereka. Ini sering merupakan akibat dari kebersihan yang buruk dan dapat menyebabkan infeksi. 

Infeksi menular seksual (IMS) juga dapat menyebabkan bau. Menukil dari Healthline, berikut gejala dan apa yang harus diperhatikan.
 

Infeksi saluran kemih (ISK) 


Terjadi ketika bagian dari saluran kemih terinfeksi oleh bakteri atau virus. Infeksi ini sering disebabkan oleh aktivitas seksual, retensi urine, batu ginjal, pembesaran prostat, atau diabetes. Saat mengalami ISK, penis mungkin berbau amis.  

Penyakit ini memiliki gejala lain sering ingin buang air kecil, bahkan jika tidak buang air kecil saat buang air besar sensasi terbakar saat buang air kecil urin keruh atau merah muda. Umumnya ISK tidak selalu serius. Namun, bila tidak diobati bisa sebabkan infeksi ginjal.



(Infeksi jamur dapat menyebar melalui hubungan seks dengan pasangan wanita yang memiliki infeksi jamur. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Infeksi jamur


Infeksi ini terjadi ketika jamur Candida pada penis tumbuh di luar kendali. Pertumbuhan jamur yang berlebihan dapat membuat penis berbau dan “berjamur”.

Gejala yang dialami penderita, bisa berupa, kemerahan atau iritasi, gatal atau terbakar, penis, yang lembap, putih, atau mengilat. Orinsipnya infeksi jamur terjadi karena kurangnya pria menjagaalat kelaminnya.  

Infeksi jamur dapat menyebar melalui hubungan seks dengan pasangan wanita yang memiliki infeksi jamur. Jika tidak diobati, infeksi jamur dapat menyebabkan peradangan atau menyebabkan infeksi lebih lanjut.
 

Balanitis 


Terjadi ketika kepala penis meradang. Jika kulup meradang juga, itu disebut balanoposthitis. Hal ini dapat diakibatkan oleh:

- Berhubungan seks tanpa pengaman 
- Kebersihan yang buruk 
- Penumpukan smegma 
- Infeksi 
- Kondisi kulit seperti psoriasis dan eksem 
- Banyak dari penyebab ini yang bisa membuat penis berbau
 

Gonore 


Gonore adalah infeksi menular seksual (IMS). Ini menyebar melalui kontak dengan vagina, anus, atau mulut seseorang yang memiliki infeksi. Ini dapat memengaruhi penis, serta rektum dan tenggorokan. 

Gonore umummnya tidak menimbulkan gejala. Bila ada, kamu merasakan bau atau pengalaman sensasi terbakar saat buang air kecil, keluarnya cairan berwarna hijau, kuning, atau putih dari penis rasa sakit, berdarah, atau gatal di sekitar alat kelamin atau anus, sakit saat buang air besar.
 

Klamidia 


IMS yang lain ini menyebar dengan melakukan hubungan seks vaginal, oral, atau anal dengan seseorang yang sudah terinfeksi. Klamidia tidak selalu menimbulkan gejala. 

Jika ada gejala, mungkin akan merasakan bau atau pengalaman sensasi terbakar saat buang air kecil keputihan yang tidak normal nyeri atau bengkak pada testis Jika tidak diobati, klamidia dapat menyebabkan masalah reproduksi jangka panjang bagi dan pasangan.  
(TIN)

MOST SEARCH