FITNESS & HEALTH

Pentingnya Suplemen Kolagen untuk Mendapatkan Manfaat bagi Kulit

Raka Lestari
Jumat 26 November 2021 / 14:10
Jakarta: Kolagen memang terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan, terutama pada kulit. Kolagen bisa ditemukan dalam berbagai sumber makanan, dan memang tubuh manusia akan memproduksi kolagen secara alami. Namun memang, seiring bertambahnya usia maka kandungan kolagen yang diproduksi tubuh akan berkurang.

"Dalam situasi yang penuh tekanan di masa pandemi seperti sekarang ini, kulitmu berpotensi mengalami berbagai masalah. Ditambah, kamu pun lebih banyak menghabiskan waktu di ruang ber-AC sehingga kulit cenderung menjadi lebih kering dan mudah teriritasi," ujar Dokter Estetik Medis, dr. Kartika Soekmadjie, dalam acara Peluncuran Blisse Colagen.

Menurut dr. Kartika, agar kesehatan kulitmu tetap terjaga sebaiknya kita tetap memerhatikan gaya hidup dengan baik. Seperti rutin berolahraga, banyak minum air putih, serta mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan serat.

Selain itu, mengonsumsi kolagen juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kolagen juga sangat penting karena membangun berbagai struktur jaringan di tubuh, terutama di kulit.

"Tubuhmu memproduksi kolagen, tapi masalahnya seiring usia maka produksi kolagen sangat berkurang,” kata dr. Kartika.

Untuk itu, mengonsumsi suplemen menurut dr. Kartika sangat dianjurkan. Skincare memang lebih mudah penggunaannya, tinggal dioleskan ke kulit dan hasilnya bisa langsung terlihat.

"Misalnya kulit langsung terasa lembap tapi juga mudah menguap. Kalau minum suplemen kolagen, hasilnya memang tidak instan tetapi bertahannya lebih lama,” kata dr. kartika.

“Selain itu, kalau minum suplemen kolagen tentunya akan mencapai lapisan kulit yang lebih dalam. Kalau skincare karena biasanya hanya dioleskan, akan mencapai lapisan epidermis saja. Namun yang perlu dipahami juga usahakan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan,” ujar dr. Kartika.

Menurut dr. Kartika, setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kalau bicara jumlah, setiap orang akan bervariasi. Namun secara umum kebutuhannya adalah 1000-5000 mg per hari.
(FIR)

MOST SEARCH