BEAUTY

3 Manfaat Tea Tree Oil untuk Lawan Ketombe dan Penipisan Rambut

Raka Lestari
Selasa 23 November 2021 / 08:00
Jakarta: Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak esensial populer yang digunakan untuk segala hal. Mulai dari mengobati jerawat hingga masalah kulit kepala. Obat herbal ini awalnya digunakan secara medis oleh suku Aborigin Australia ribuan tahun yang lalu. 

Sejak itu, penggunaannya telah meluas secara global. Saat ini kamu bisa menemukannya di mana saja dalam berbagai produk kecantikan atau kesehatan. Dan berikut ini adalah manfaat lengkap tea tree oil untuk rambut dinukil dari Insider:
 

1. Mengurangi ketombe dan kulit kepala gatal


Ketombe menyebabkan kulit kepala gatal. Salah satu penyebab ketombe adalah pertumbuhan berlebih dari malassezia, jamur yang mirip dengan ragi. Tea tree oil telah terbukti memiliki sifat antijamur, yang dapat membantu melawan jamur ini.

“Karena pertumbuhan berlebih ragi biasanya terkait langsung dengan ketombe, penggunaan tea tree oil dapat mengurangi ragi, sehingga mengurangi ketombe,” kata Hal Weitzbuch, MD, dokter kulit bersertifikat di Calabasas Dermatology Center.

Plus, tea tree oil juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dengan mengurangi peradangan. “Dengan begitu, dapat mengurangi rasa gatal,” kata Nava Greenfield, MD, dokter kulit bersertifikat di Schweiger Dermatology Group.


manfaat tea tree oil untuk rambut
(Tea tree oil juga mampu meningkatkan sirkulasi darah untuk mengeluarkan racun dan menstimulasi folikel rambut yang tidak aktif. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut


Dalam beberapa kasus, peradangan dapat menyebabkan kerontokan atau penipisan rambut. Tea tree oil bersifat anti-inflamasi, yang berarti dapat membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan kerontokan berlebih. 

"Begitu rambut tidak lagi mengalami peradangan, mereka dapat tumbuh lagi secara normal yang sulit dilakukan dalam kondisi peradangan," kata Greenfield.
 

3. Membersihkan kulit kepala 


Tea tree oil dapat membantu kulit kepala dalam mendapatkan pembersihan ekstra secara lebih dalam. Tea tree oil mengandung antimikroba, yang berarti minyak ini dapat membantu melawan kuman berbahaya yang hidup di kepala.

Mulai dari bakteri, jamur, atau virus. Greenfield mengatakan mikroorganisme ini dapat mengganggu fungsi normal kulit dan kelenjar kulit kepala.

Plus, Greenfield mengatakan pertumbuhan berlebih dari bakteri tertentu seperti staphylococcus atau beberapa jenis streptokokus dapat menyebabkan folikulitis, impetigo, selulitis, yang semuanya dapat menyebabkan kerontokan rambut.
(TIN)

MOST SEARCH