FAMILY

Makanan yang Bisa Membantu Anak-anak Tidur Lebih Cepat

Raka Lestari
Selasa 29 Desember 2020 / 17:25
Jakarta: Anak-anak biasanya sangat sulit untuk diajak tidur. Mereka biasanya sangat suka bermain sehingga sulit jika harus tidur.

Padahal, pada masa pertumbuhan waktu tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang optimal. Dan ternyata, makanan bisa berperan penting untuk membuat anak-anak tertidur.

Dilansir dari Romper, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu anak-anak tertidur:
 

1. Daging, unggas, ikan, dan telur


"Triptofan adalah asam amino esensial dan satu-satunya prekursor produksi serotonin, neurotransmitter yang mendorong dan membantu dalam tidur," kata Ilyse Schapiro, RD, seorang ahli gizi terdaftar. 

Schapiro menambahkan bahwa produk hewani seperti kalkun, daging sapi, telur, dan salmon mengandung triptofan dengan jumlah yang lebih tinggi daripada protein nabati (tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian).
 

2. Biji-bijian utuh


Biji-bijian utuh, seperti beras merah, barley, quinoa, dan bahkan popcorn, kaya serat dan vitamin B. "Serat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah lonjakan dan penurunan gula sepanjang malam," kata Schapiro. 

Dengan begitu, anak-anak tidak akan terbangun karena merasa lapar. Dia mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan nasi putih, barley memiliki konsentrasi magnesium, kalsium, dan neurotransmitter yang lebih besar bernama GABA.

"Rendahnya tingkat GABA telah dikaitkan dengan durasi tidur yang lebih pendek dan insomnia," kata Schapiro.
 

3. Almond, oat, dan ceri 


“Almond, oat, dan ceri mengandung sumber alami melatonin, hormon yang terkenal dapat mengontrol siklus tidur-bangun dan meningkatkan kualitas tidur malam. Sumber melatonin lainnya dapat ditemukan dalam susu sapi dan Asi, jamur, sereal, kacang-kacangan, dan biji-bijian,” kata Schapiro.
 

4. Ikan yang mengandung omega-3


Jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna dan salmon sebenarnya dapat membantu anak tidur lebih nyenyak. "Ikan berlemak mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi, yang dikaitkan dengan tidur yang lebih lama dan lebih baik," kata Schapiro. 

Ikan jenis ini juga benar-benar sehat secara menyeluruh dan merupakan sumber kaya omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal. "Lemak omega-3 ini mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat melindungi anak dari penyakit kronis," kata Schapiro.

(TIN)

MOST SEARCH