FAMILY

Ini 3 Hal untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Yatin Suleha
Rabu 13 Januari 2021 / 12:00
Jakarta: Melihat tumbuh kembang si kecil memang menggemaskan. kemarin hampir 20-an jam lebih ia hanya tidur saja, kemudian ia bisa mumbling. Mulut mungilnya mancung seakan ingin ikut berkata-kata dan membalas obrolan kita padanya.

Setelah itu iya bisa tengkurap dan berguling. Lalu sedikit-sedikit bisa berjalan lalu saat ini ia sudah pintar berlari. Perkembangan si kecil memang lucu. Tapi semua tumbuh kembang si kecil tidak lepas dari bekal perlindungan yang ia butuhkan.

Menurut psikolog klinis Ratih Ibrahim, MM, Psikolog, dari Personal Growth mengatakan bahwa ada tiga bekal perlindungan untuk tumbuh kembang si kecil. Antara lain kecukupan nutrisi, attachment, dan stimulasi.

Baginya, ketiga faktor ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak, antara lain:
 

1. Kecukupan nutrisi


Membantu mendorong pembentukan daya tahan tubuh, membantu tumbuh kembang otak, dan menjadi penentu pertumbuhan fisik yang baik pada si kecil. "Si kecil bisa bereksplorasi dan belajar secara optimal," ujar Ratih.
 

2. Attachment


Attachment adalah ikatan emosional timbal balik antara anak dengan ibu dan ayahnya. Attachment positif akan menumbuhkan pengalaman emosi positif dan rasa aman pada si kecil.

Dan rasa aman tersebut dibutuhkan untuk membangun basic trust si kecil. "Basic trust adalah cara si kecil memandang dunia di sekitarnya secara baik," ucap Ratih.
 

3. Stimulasi


Stimulasi mengembangkan seluruh aspek kecerdasan dan kreativitas si kecil, menyediakan ruang bagi si kecil untuk bereksplorasi, dan membantunya mencapai seluruh target tumbuh-kembangnya secara optimal.
(TIN)

MOST SEARCH