FAMILY

Bayi Cicipi Makanan saat Masih di Kandungan, Lho Kok Bisa?

Medcom
Sabtu 01 Oktober 2022 / 08:40
Jakarta: Bayi di dalam kandungan atau saat masih di rahim ternyata bisa loh mencicipi makanan. Pernyataan itu diungkapkan oleh Penelitian dari Psychological Science.

Mencicipi yang dimaksud adalah merasakan apa yang dimakan oleh ibu mereka dengan merespons, seperti tersenyum atau cemberut. Ekspresi tersebut ditunjukkan ketika janin berumur 32 hingga 36 minggu kehamilan.

Lab Penelitian Janin dan Neonatal Universitas Durham, meneliti dengan menggunakan pemindaian ultrasound 4D yang membuat video tiga dimensi janin dalam rahim untuk melihat respon bayi di dalam sana.

Penelitian tersebut menggunakan kapsul mengandung wortel dan kangkung. Hasilnya adalah janin yang diberi kapsul wortel membentuk ekspresi wajah tertawa. Sedangkan janin yang terpapar rasa pahit kangkung, membuat ekspresi wajah seperti menangis.

Berdasarkan hasilnya, penelitian ini membuktikan bahwa janin yang masih di dalam kandungan bereaksi terhadap rasa dan bau berbeda. Hal ini juga menunjukkan bahwa pola makan ibu selama kehamilan merupakan salah satu cara bayi dikenalkan rasa-rasa baru,

"Kami berpikir bahwa paparan berulang terhadap rasa sebelum kelahiran dapat membantu menetapkan preferensi makanan setelah melahirkan, yang mungkin penting ketika memikirkan tentang pesan seputar makan sehat dan potensi untuk menghindari 'rewel makanan' saat menyapih," kata Beyza Ustun, peneliti utama penelitian ini.

Jackie Blissett, seorang profesor psikologi di Aston University sekaligus rekan Beyza menambahkan, mengekspos janin pada rasa yang kurang 'disukai', seperti kangkung, mungkin berarti mereka terbiasa dengan rasa itu di dalam rahim.

Tim peneliti pun telah memulai studi lanjutan dengan bayi yang sama setelah melahirkan untuk melihat apakah mereka lebih menerima rasa wortel dan kangkung daripada rasa lainnya.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH