FITNESS & HEALTH

Mengapa Ibu Hamil Kerap Mengalami Mata Kering?

Kumara Anggita
Rabu 21 Oktober 2020 / 08:03
Jakarta: Mengandung anak, selain menjadi pengalaman yang menyentuh juga memberikan banyak ketidaknyamanan. Salah satu hal yang sering dialami oleh para ibu hamil pada masa-masa ini adalah mata kering.

Dikutip dari Healthline, mata yang kering saat kehamilan terjadi karena peran hormon yang tidak stabil. Satu studi menemukan bahwa kehamilan menyebabkan perubahan pada mata dan air mata selama 9 bulan. Serta mungkin air matamu jadi kurang terkonsentrasi pada trimester terakhir, dibandingkan dengan pada awal kehamilan.

Namun, kamu enggak perlu sepenuhnya khawatir. Sebab kondisi ini enggak akan memberikan efek bahaya, dan bakal menghilang kok setelah melahirkan.

Diperlukan lebih banyak penelitian tentang mengapa kondisi ini terjadi, tetapi mungkin ada hubungannya dengan cara tubuh melindungi mata dari perubahan tekanan, yang juga terjadi saat kehamilan.


Gejala mata kering selama kehamilan


Mata kering selama kehamilan (atau kapan saja) dapat memberimu banyak gejala berbeda, termasuk beberapa yang mungkin tidak kamu duga. Kamu mungkin akan mengalami gejala mata kering di kedua mata, tetapi juga bisa mendapatkannya hanya pada satu mata.

Gejala yang akan timbul di antaranya, kemerahan, mata lebih sering berair, nyeri, rasa gatal, muncul sensasi terbakar atau menyengat, grittiness atau perasaan seperti ada sesuatu di mata.

Selain itu, kelopak mata terasa lengket atau kelopak mata yang tertutup rapat saat kamu bangun tidur, kesulitan memakai lensa kontak, lendir atau putih, nanah berserabut di dalam atau di sekitar mata, sensitif terhadap cahaya. Kemudian penglihatanmu malam hari akan memburuk, penglihatan kabur, dan mata lelah.
(FIR)

MOST SEARCH