FITNESS & HEALTH

Cara untuk Bantu Teman Kamu yang Cemas

Kumara Anggita
Kamis 22 Oktober 2020 / 14:58
Jakarta: Teman yang cemas bisa membuat kamu jadi merasa bingung atau bahkan kesal. Namun perasaan tersebut tak akan mengubah apa pun. 

Hal yang kamu perlu lakukan adalah membantunya dengan langkah berikut.


Dengarkan mereka dengan serius dan penuh kasih


Dikutip dari Vogue, tanyakan kepada teman kamu bagaimana kabarnya dan dengarkan semua ceritanya, tanpa memikirkan bagaimana kamu akan menanggapinya. Berlatihlah untuk benar-benar hadir dan pada saat ini, akui perasaan mereka, dan terima kasih karena telah membagikan ceritanya dengan kamu. Hindari kalimat  seperti ‘kamu akan melewati ini' atau ‘kamu baik-baik saja’.


Jangan mencoba memperbaikinya


Memberikan saran pada teman yang cemas mungkin terasa seperti beban tambahan, dan membuatnya merasa bahwa itu adalah masalah.  Sebaliknya, dukung mereka ketika kamu tahu mereka telah menaklukkan sesuatu yang sangat sulit.
 

Tanyakan apa yang mereka butuhkan


Ada berbagai cara untuk mengelola kecemasan. Meditasi dan latihan pernapasan, misalnya, bermanfaat bagi banyak orang dan mungkin cocok untuk kamu. Akan tetapi mungkin tidak membantu teman kamu. Tanyakan teman kamu apa yang berhasil untuk mereka dan bagaimana kamu dapat membantu.
 

Ingatkan mereka bahwa kamu selalu hadir untuk mereka


Jika mereka tampak cemas saat bersama, tanyakan tentang hal itu. Dengan mengungkapkannya, kamu memberi tahu mereka bahwa, bersama kamu, selalu ada ruang untuk kecemasan mereka. Itu tidak perlu dihindari, dan mereka bukan beban.
(YDH)

MOST SEARCH