INTERIOR

5 Insipirasi Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Rumah

Raka Lestari
Jumat 26 November 2021 / 07:09
Jakarta: Tanaman gantung bisa menjadi salah satu inspirasi untuk mempercantik dekorasi pada rumah. Selain berfungsi untuk mempercantik rumah, memiliki tanaman gantung juga bisa berguna menyaring udara-udara kotor yang ada di dalam rumah.

Dengan begitu, udara yang masuk ke dalam rumah merupakan udara yang bersih. Dan berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias gantung yang bisa kamu pilih untuk menjadi hiasan di rumah:
 

1. Sirih lurik


Pada alam liar, tanaman sirih-sirihan bisa merambat di berbagai tempat seperti pohon atau dinding. Sedangkan di dalam ruangan, tanaman ini bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 6 kaki.

“Tanaman merambat ini sangat menyukai tempat dengan cahaya yang tidak langsung, mudah dirawat, dan terlihat indah dijadikan tanaman gantung ketika pola lurik pada daunnya muncul,” ujar Ahli tanaman rumah, Joyce Mast.
 

2. Philodendron hederaceum


Jenis tanaman philodendron ini memiliki ujung runcing yang khas dan dapat ditanam sebagai pemanjat atau tanaman merambat. Tanaman ini bisa tumbuh di area dengan cahaya yang rendah sampai terang dan sangat mudah dirawat. Tanaman ini bisa digantung di sebagian besar area rumah.
 

3. Maranta


Tanaman ini memiliki ciri khas dari daunnya yang menutup saat malam hari. Tanaman ini memiliki warna cerah yang sangat menonjol dengan daun berwarna hijau dan berbentuk oval dengan pola urat daun berwarna kuning muda

“Dedaunan yang berwarna-warni menjadikan tanaman ini sempurna untuk kusen jendela atau rak yang sentuhan warna tambahan," jelas Mast.
 

4. Tradescantia zebrine


Tanaman ini memiliki daun berwarna ungu yang mencolok. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat, cepat tumbuh, dan bisa merambat dengan cepat. Karena ini adalah tanaman yang lebih menyukai lingkungan yang sedikit lebih lembap, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk kamar mandi dan dapur.
 

5. Pilea depressa


Tanaman ini memiliki daun yang sangat halus dan cenderung menyukai tempat-tempat yang lembap. Tanaman ini juga sangat cocok jika dikeringkan dengan baik di tempat teduh.

Pilea depressa merupakan tanaman yang haus dan perlu sering disiram. Tanaman ini tumbuh subur pada lingkungan yang lembap, sehingga tanaman ini cocok untuk dapur dan kamar mandi.
(FIR)

MOST SEARCH