INTERIOR

6 Kesalahan Dekorasi yang Bikin Rumah Terlihat Berantakan

Sunnaholomi Halakrispen
Rabu 07 Oktober 2020 / 09:45
Jakarta: Kamu mungkin bekerja keras untuk menjaga rumah tetap bersih setiap hari. Jadi, hal terakhir yang kamu pikirkan adalah pilihan dekorasimu. Tapi ternyata dekorasi juga berkontribusi pada ruangan yang tampak berantakan. 

Meskipun membersihkan barang-barang yang berantakan merupakan langkah pertama untuk mendapatkan tampilan yang rapi, tetapi caramu menata dan mendekorasi ruangan juga sangat penting untuk keseluruhan kerapiannya. 

Sebab, terkadang kesalahan dekorasi yang sederhana dapat membuat desain tampak berantakan atau kacau. Tapi jangan khawatir, karena masalah dekorasi ini bisa diperbaiki. Berikut tipsnya dikutip dari BHG. 
 

1. Rak penyimpanan



Rak terbuka adalah tempat yang tepat untuk menyimpan buku dan memajang barang koleksi atau karya seni. Tetapi, jenis penyimpanan ini paling oke jika tidak terlalu penuh. 

Saat mendekorasi rak buku, jangan mengemas setiap ruang dengan buku dan aksesori. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih, ubah pengaturannya sehingga kamu dapat meninggalkan beberapa ruang terbuka di antara barang. 

Kamu juga harus menghindari penggunaan penyimpanan terbuka untuk mengelola elektronik dan kabel atau untuk menyimpan permainan, CD, dan mainan. Barang-barang ini paling baik disimpan di dalam lemari, kotak, atau keranjang untuk efek yang tidak terlalu berantakan.
 

2. Banyak warna



Mendekorasi dengan terlalu banyak warna dijamin akan bikin kamu pusing dan hasilnya terlihat berantakan. Gunakan satu atau dua warna yang dikombinasikan dengan warna netral untuk memberikan tampilan rumahmu yang kohesif dan santai.

Corak biru bisa menciptakan ruangan yang indah dan kohesif. Permadani, penutup jendela, dan perabotan netral memungkinkan ruangan bernapas sekaligus membuatnya tampak lebih luas dan terbuka.


(Penggelompokan satu hiasan gambar yang sama membuat visualisasi jadi lebih rapi. Foto: Dok. Adam Albright/BHG.com)

 

3. Bantal beraksen



Hindari tampilan yang serampangan dan tidak rapi dengan membatasi jumlah aksen bantal di sofa atau tempat tidur. Setidaknya, dua atau tiga bantal aksen di setiap ujung sofa bisa menjadi pilihan. Sebab, biasanya merupakan jumlah yang tepat untuk mendekorasi ruangan dengan warna dan pola yang indah.
 

4. Perabotan 



Menata semua furnitur di dinding akan membuat ruangan terlihat berantakan. Solusinya? Tarik furnitur menjauh dari dinding dan mengarah ke tengah ruangan. Pengelompokan ini menciptakan area penataan.
 

5. Dekorasi 



Terlalu banyak aksen dekoratif pada permukaan meja akan membuat sebuah ruangan terlihat berantakan. Sebagai gantinya, ubah jumlah aksesori, lalu hiasi meja dengan satu atau dua pengelompokan barang. 

Cara pertama, kurangi apa yang sudah kamu miliki di atas meja. Hanya tampilkan apa yang kamu sukai dan apa yang berfungsi, misalnya piring kecil untuk menyimpan kunci mobil dan kacamata hitam. Kemudian, buang sisanya. 

Kelompokkan banyak benda kecil dalam toples atau mangkuk. Tinggikan benda-benda kecil di atas tumpukan dua atau tiga buku agar terlihat jelas.
 

6. Menggantung gambar 



Gambar dan seni dinding yang digantung dengan gaya sembarangan di dinding menciptakan tampilan yang kacau. Sebagai gantinya, kelompokkan foto dalam penataan dinding galeri untuk langsung membuat ruangan tampak lebih tertata dan seimbang. 
(TIN)

MOST SEARCH