INTERIOR

5 Tanaman Hias Ini Masih Populer di 2021

Sandra Odilifia
Minggu 28 Februari 2021 / 13:00
Jakarta: Merawat tanaman hias di rumah dapat meningkatkan kualitas udara dan menambahkan sentuhan hijau yang indah. Dengan banyaknya orang yang tinggal di rumah karena virus korona, tanaman menjadi cara yang populer dan mudah untuk merapikan ruang interior, balkon, hingga teras rumah.

Akan tetapi tanaman mana yang paling populer saat ini? Melansir Inhabit, berikut tanaman hias yang paling trendi di tahun 2020 dan masih populer di tahun 2021:


tanaman
(Mistletoe kaktus. Foto: Dok. Instagram Kate/@Kateandfinn_vs_plants)
 

1. Kaktus


Ya, hampir semua orang menyukai kaktus! Tanaman dengan perawatan yang mudah ini menawarkan tampilan yang menarik, terutama dengan spesies seperti Fishbone, Mistletoe, atau Bunny Ear Cactus. 

Popularitasnya meningkat masing-masing 2.280 persen, 1.467 persen dan 1.985 persen membuat tanaman ini menjadi tambahan yang sangat trendi untuk rumah mana pun. Namun, pastikan untuk menjauhkan anak kecil dan hewan peliharaan dari tanaman berduri ini ya!


tanaman
(Pakis bintang biru. Foto: Dok. Inhabit.com)
 

2. Pakis Bintang Biru


Pakis bintang biru juga mengalami lonjakan popularitas selama 10 tahun terakhir. Naik hingga 1.795 persen, tanaman hias rendah cahaya ini menawarkan warna hijau yang menawan. 

Pakis bintang biru menyukai tanah yang lembap sehingga membuatnya sangat toleran terhadap penyiraman yang berlebihan. Daunnya yang rata dan panjang juga menyebar dengan indah untuk menambah banyak warna pada area manapun. 


tanaman
(Velvet Calathea. Foto: Dok. Inhabit.com)
 

3. Velvet Calathea


Velvet Calathea yang juga dikenal sebagai tanaman merak ditetapkan menjadi salah satu bintang terbesar tahun 2021, dengan peningkatan popularitas sebesar 1.291 persen. Namanya yang cantik sesuai dengan teksturnya yang seperti beludru, daun hijau dua warna yang lebar dari tanaman ini memiliki pola tulang herring yang terlihat seperti bulu. 

Tanaman calathea tumbuh subur di lingkungan yang teduh dan lembab serta tidak membutuhkan banyak air. Beri mereka sinar matahari tidak langsung, dan kamu dapat menikmati kecantikan mereka yang menarik!


tanaman
(Snake plants atau biasa disebut lidah mertua. Foto: Dok. Freepik.com)
 

4. Tanaman Ular


Tahukah kamu, tanaman ular atau snake plants yang secara ilmiah dikenal sebagai Sansevieria Zeylanica (lidah mertua), perawatannya mudah tetapi tetap indah lho! Sebagai salah satu tanaman hias paling populer tahun 2020, tanaman ular memiliki daun tinggi dan tipis dalam berbagai warna hijau. 

Tanaman ini tumbuh subur dengan cahaya tidak langsung dan sedikit air, menjadikannya ideal untuk lingkungan rumah apa pun. Hingga kini, tanaman lidah mertua ini masih banyak diminati.


tanaman
(Tanaman string of hearts atau untaian hati. Foto: Dok. Instagram SuccuStrories by Handle/@succustories)
 

5. Untaian Hati


Dengan daun cantik berbentuk hati yang unik, tak heran popularitas tanaman untaian hati atau string of hearts meroket hingga 1.057 persen. Diklasifikasikan sebagai semi-sukulen, tanaman ini tidak hanya tahan terhadap tanah kering tetapi juga dapat membusuk di tanah yang terlalu lembap, jadi berhati-hatilah saat menyiramnya. 

Jaga agar tanah sedikit lembap selama musim panas, dan jangan khawatir ketika tanaman tidak aktif di musim dingin atau hujan. Kesabaran kamu akan terbayar di musim panas saat tanaman menghasilkan bunga ungu yang cantik. Letakkan string of hearts di tempat tinggi agar tanaman merambat turun dan memamerkan daun uniknya.
 

Menanam di sekitar rumah


Tanaman hias membantu meningkatkan kualitas udara dan memberikan dekorasi interior yang indah. Maka pilihlah tanaman hias dengan bijak berdasarkan seberapa mudah mereka dirawat, seberapa aman mereka berada di sekitar rumah dan apakah mereka sesuai dengan selera pribadi kamu. 

Bersenang-senanglah dengan hobi hijau ini, dan bermain-main dengan berbagai tanaman. Selamat mencoba ya Teman Gaya!
(TIN)

MOST SEARCH