INTERIOR

6 Cara agar AC Hemat Listrik

Kumara Anggita
Jumat 26 Februari 2021 / 14:47
Jakarta: AC menjadi alat elektronik yang cukup banyak menghabiskan dana. Menggunakan AC seharian saat masa kerja dan belajar di rumah bisa membuat tagihan listrik jadi meningkat dibandingkan sebelumnya.

Untungnya ada cara untuk menghemat listrik saat menggunakan AC. Dikutip dari Asia One, yang kamu perlu lakukan adalah:
 

1. Minimalkan sumber matahari langsung


Jika sinar matahari langsung masuk melalui jendela, AC kamu akan bekerja lebih ekstra untuk mendinginkan rumah. Cara sederhana untuk menggunakan lebih sedikit daya adalah dengan memblokir sumber sinar matahari. Cobalah untuk menarik tirai tebal di jendela.

Bila kamu tetap membutuhkan cahaya ini, maka kamu bisa meletakkan tanaman berdaun besar di dekat sumber langsung sinar matahari. Cara ini mengurangi cahaya sambil sedikit mempercantik tempat itu.
 

2. Pakai kipas dulu ketika udara terlalu panas


Udara di ruanganmu terasa panas sekali? Coba andalkan kipas tangan dulu atau majalah untuk mendinginkan.

Seringkali, AC tidak terasa semantap yang seharusnya, karena sirkulasi udara yang buruk. Angin yang bertiup bisa memperkuat AC kamu.
 

3. Bersihkan ventilasi AC secara teratur


Ventilasi AC (bagian di mana udara berembus) menjadi kotor dan cepat tersumbat. Hal ini dapat meningkatkan tagihan listrik kamu, karena ventilasi yang tersumbat membuat AC membutuhkan lebih banyak energi untuk mendinginkan ruangan.
 

4. Gunakan pengatur waktu atau termostat


Jika kamu akan tidur dengan AC menyala, pelajari cara menyetel pengatur waktu atau termostat. Menyetel pengatur waktu atau termostat lebih baik untuk lingkungan dan menghemat uang dalam jangka panjang.
 

5. Rawat AC secara rutin


AC yang aus biasanya akan menghabiskan lebih banyak daya daripada AC yang dirawat dengan baik. Faktor-faktor seperti kebocoran cairan pendingin, ventilasi yang macet, dan retakan pada casing dapat menyebabkan AC kamu bekerja lebih banyak.

Jadi catat kapan AC kamu terakhir kali diservis, dan hubungi teknisi untuk pembersihan umum setahun sekali.
 

6. Beli AC yang berkualitas bagus


Mungkin kamu tergoda untuk menabung dengan membeli AC merek yang murah dan tidak jelas, namun sebaiknya jangan melakukannya. Kamu mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang untuk AC bermerek yang bagus, tetapi AC yang jelek akan menghabiskan lebih banyak biaya jika kamu perlu menggantinya dengan cepat karena rusak terus.
(FIR)

MOST SEARCH