INTERIOR

Beberapa Penyakit yang Umum Terjadi pada Tanaman Tomat

Raka Lestari
Selasa 03 November 2020 / 13:20
Jakarta: Tanaman tomat merupakan salah satu tanaman yang cukup mudah dibudidayakan sendiri di rumah. Akan tetapi, sama seperti tanaman lainnya, tanaman tomat pun terkadang memiliki beberapa penyakit yang bisa menyebabkan terganggunya produktivitas tanaman tomat.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa hinggap pada tanaman tomat:
 

1. Bercak daun spetoria


Jamur yang menyebabkan penyakit bercak daun septoria akan menyebabkan timbulnya bercak melingkar kecil dengan bagian tengah berwarna putih keabuan, serata pinggiran yang berwarna gelap pada daun.

Daun yang terkena penyakit ini akan menguning, layu dan rontok. Cuaca yang hangat dan lembap dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini. Selain itu cipratan air juga dapat membuat spora dari jamur ini menyebar ke daun lain.
 

2. Busuk buah antraknosa


Jamur ini biasanya muncul dengan bentuk kecil, bulat, dan melekuk pada buah tomat. Daging buah bisa membusuk seluruhnya, jika terkena jamur ini. Terutama pada tomat yang terlalu matang.

Jadi petik buah saat matang. Spora juga akan menyebar melalui cipratan air, dan jamur akan paling sering muncul pada suasana yang basah dan lembap.
 

3. Penyakit layu fusarium dan verticilium


Penyakit layu ini disebabkan oleh jamur di dalam tanah yang masuk melalui akar muda, kemudian mulai menyumbat pembuluh yang mengalirkan air ke akar dan batang tanaman.

Tanpa air yang cukup, tanaman akan terlihat layu pada pagi dan siang hari meskipun terlihat akan tampak segar kembali pada malam hari. Layu tomat mungkin pertama kali muncul di bagian atas atau bawah daun tanaman. Sehingga menyebabkan mereka kehilangan warna, kemudian akan mati dari ujung tanamannya.
 

4. Penyakit bercak coklat


Penyakit tanaman tomat lainnya disebabkan oleh jamur Alternatia yang menyebabkan busuk daun. Daun bagian bawah menunjukkan bintik-bintik coklat atau hitam dengan tepi gelap.

Bagian ujung batang buah juga mungkin terkena, menyebabkan cekungan besar dengan area berwarna hitam dengan lingkaran yang konsentris. Jamur ini biasanya menyerang setelah tanaman menghasilkan buah.
 

5. Penyakit busuk daun


Penyakit busuk daun yang disebabkan oleh jamur Phytophthora infestans, terjadi selama periode musim dingin atau hujan yang biasanya datang pada akhir musim tanam.

Penyakit ini terlihat seperti kerusakan akibat embun beku pada daun, menyebabkan bercak hijau-hitam yang tidak teratur. Buah mungkin memiliki bercak coklat besar berbentuk tidak beraturan yang dengan cepat menjadi busuk.
(FIR)

MOST SEARCH