INTERIOR

Pilea Peperomioides Si Tanaman Keberuntungan

Mia Vale
Minggu 03 April 2022 / 14:00
Jakarta: Pilea peperomioides, atau "tanaman uang Cina". Berasal dari daerah berbatu di Cina selatan. Peperomioides Pilea juga memiliki berbagai nama lain, termasuk tanaman panekuk, tanaman koin, dan bahkan tanaman UFO karena daunnya yang berbentuk bulat. 

Orang-orang memilih tanaman ini karena daunnya yang berbentuk bulat, dan juga dianggap sebagai tanaman yang beruntung dan menarik kekayaan di fengsui. 

"Banyak di ruang tanaman beralih menggunakan tanaman koin sebagai nama umum yang lebih dapat diterima secara budaya untuk Pilea peperomioides," jelas Leslie F. Halleck, ahli hortikultura profesional bersertifikat, penulis Gardening Under Lights, Plant Parenting, and Tiny Plants, dan instruktur hortikultura ekstensi UCLA.
 

Menanam Pilea peperomioides


Sebagaimana yang dikutip dari Mindbodygreen, menumbuhkan Pilea peperomioides di dalam ruangan itu mudah, selama menempatkannya di area rumah di mana ia mendapat cukup terang, cahaya tidak langsung tetapi tidak akan dikejutkan oleh angin dingin dari jendela atau ventilasi.

Yang harus diingat, kunci suksesnya adalah cahaya! Jadi, carilah tempat dengan cahaya alami atau buatan yang cukup. 


pohon keberuntungan
(Salah satu tips merawat tanaman pilea peperomioides adalah di area yang cukup terang, cahaya tidak langsung. Foto: Dok. Houseplanthouse.com)
 

Merawat tanaman


Setelah menemukan tempat yang cerah untuk tanaman koin, berikut cara merawatnya agar tumbuh subur, seperti rekomendasi para ahli.

Air: Tanaman ini paling baik disiram dengan jarang, tunggu sampai tanah mengering sebelum memberi mereka minuman lagi. Tanaman yang disiram dengan benar akan tegak dengan daun yang rata dan mengkilap. 

Sinar matahari: Tanaman ini lebih suka ditempatkan di area yang terang tetapi tidak menerima sinar matahari langsung hampir sepanjang hari. 

"Sinar matahari pagi dan sinar matahari sore tidak langsung adalah yang terbaik," kata Michael Clarke, pakar hortikultura dan pendiri Pulled. Tidak cukup cahaya menghasilkan pertumbuhan yang lambat dengan ruas yang panjang, ruang di antara daun menghasilkan tanaman yang kurus dan tidak menarik.

Tanah: Tanah yang gembur dan dikeringkan dengan baik adalah yang terbaik untuk memungkinkan drainase yang tepat dari zona akar dan meningkatkan aerasi. Kamu bisa menambahkan sabut kelapa, perlit, atau beberapa coran cacing untuk aerasi ekstra. 

Suhu: Tanaman koin tidak rewel dalam hal suhu. Cukup menghindari area di rumah di mana bisa terjadi perubahan suhu secara tiba-tiba. Jauhkan tanaman dari angin dan ventilasi. 

Karena paparan aliran udara langsung yang secara signifikan lebih hangat atau lebih dingin daripada suhu udara sekitar dapat merusak daun, menyebabkan tepi kuning atau coklat dan daun gugur prematur.

Bentuk daun Pilea peperomioides yang unik dan perawatan yang relatif mudah menjadikannya tanaman hias yang bagus untuk diberikan sebagai hadiah untuk seseorang atau diri sendiri. 

(TIN)

MOST SEARCH