INTERIOR

Ingin Membangun Rumah, Ini Tips Memilih Arsitek yang Benar?

Medcom
Selasa 15 November 2022 / 14:14
Jakarta: Membangun rumah idaman selain membutuhkan budget yang sempurna kamu juga harus memilih orang yang tepat. Tidak mungkin jika kamu sebagai orang awam ingin membangun rumah impian tanpa arsitek handal, bisa-bisa rumah yang dibangun hasilnya jauh dari yang kamu inginkan.

Dalam proses pemilihan arsitek ini kamu juga harus melakukannya dengan hati-hati dan pilihlah orang yang tepat, agar pembangunan berjalan lancar. Seorang arsitek adalah orang yang belajar dan mengumpulkan kebutuhan dan persyaratan dari pemilik rumah.

Arsitek kemudian akan menilai detail tersebut dengan mempertimbangakan bangunan dari kondisi cuaca, ruang, model bangunan, proses konstruksi, hingga memperkirakan biaya yang sesuai dengan pemilik.

Lalu, Bagaimana kamu bisa menemukan seorang profesional untuk membantu membangun rumah impian? Mari kita mulai dengan mencari arsitek yang tepat melansir proptiger:

1. Cari arsitek yang sudah mendapatkan izin resmi untuk membangun sebuah hunian atau kontruksi di daerah tersebut, manajemen dan inspeksi proyek, atau pemantauan konstruksi yang akan dilakukan.

2. Cara terbaik untuk mencari seorang arsitek adalah melalui referensi. Terhubung dengan teman, kerabat, kolega, atau tetangga yang baru saja melakukan konstruksi. Orang-orang ini memiliki pengalaman langsung dengan arsitek yang dapat menghemat banyak pekerjaan penelitian.

3. Buka profil arsitek, situs web, dan periksa catatan pekerjaan mereka sebelumnya. Ini akan memberi kamu wawasan tentang teknik perancangan dan pengetahuan domain mereka.

4. Memeriksa pekerjaan arsitek sebelumnya akan memberimu gambaran tentang teknik pekerjaan mereka. Desain, teknik, pengetahuan yang digunakan dalam karya-karya sebelumnya akan memberimu gambaran betapa cocoknya dia untuk bekerja sama denganmu.

5. Setelah kamu memilih beberapa arsitek, temui mereka secara pribadi dan diskusikan pekerjaan yang harus mereka lakukan. Ajukan pertanyaan sebanyak yang kamu bisa. Cobalah untuk mencari tahu apakah gaya dan teknik mereka sesuai dengan kebutuhan kamu. Diskusikan lebih lanjut mengenai anggaran yang kamu punya dan desain yang kamu mau.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH