INTERIOR

6 Cara Hiasi Interior Rumah dengan Tanaman

Timi Trieska Dara
Senin 16 November 2020 / 13:35
Jakarta: Mendekorasi ruangan dengan tanaman hias semakin tren saat ini. Tak hanya mengisi waktu luang, tanaman hias juga dapat mengurangi stres dan menjadi oasis dalam sebuah ruangan.

Bagi Hilton Carter, hidup menjadi jauh lebih menarik ketika ia bertemu dengan daun ara biola bernama Frank.

Hilton merasa terinspirasi setelah makan malam di sebuah kafe di rumah kaca. Ia membeli tanaman itu dan mulai menanam di apartemennya di New Orleans dengan nuansa yang sama indah.

Saat ini, lebih dari 200 tanaman memenuhi apartemen yang dia tinggali bersama istrinya, Fiona, di Baltimore. Tanamannya memanjat dinding dan mengambil setiap inci terakhir ambang jendela. Seperti Tarzan di era kekinian, tapi dengan kesan yang lebih anggun dan keren!

"Saya baru saja mulai menanam tanaman untuk menciptakan ruang yang membuat saya merasa hebat," kata Hilton, "dan berakhir dengan banyak hal." Hilton menawarkan enam cara sederhana untuk mengisi setiap ruangan di rumah kamu dengan tanaman hias.
 

1. Kelilingi tempat duduk dengan tanaman


"Kekuatan yang dimiliki tanaman kehidupan di rumah bersifat transformatif," jelas Hilton. Tanaman hijau dari lantai ke langit-langit mengelilingi kursi gantung di apartemen Antwerpen, Belgia.

"Dengan mengumpulkan tanaman dengan cara yang disengaja, pemilik rumah dapat menciptakan tempat yang menarik bagi semua orang," kata Hilton.
 

2. Hiasi ruang makan 


"Tidak seperti vas bunga, tanaman dapat menghidupkan ruang makan untuk waktu yang lama," kata Hilton. Di ruang makan Los Angeles ini, pohon bonsai payung kerdil berfungsi sebagai bagian tengah (ukurannya yang kecil tidak akan menghalangi pandangan), sementara jalinan pothos emas dan philodendron mencerahkan sudut yang sebaliknya netral).



(Siapa yang tak ingin berada di dalam ruangan yang terasa sejuk dan damai seperti yang ditunjukkan oleh Hilton Carter ini. Video: Instagram Hilton Carter/@hiltoncarter)
 

3. Kelompok tanaman sebagai titik fokus


"Terkadang lebih banyak lebih baik," kata Hilton tentang credenza yang sengaja ditumbuhi tanaman di apartemen Berlin. "Saya suka perasaan bahwa satwa liar telah mengambil alih suatu ruang," katanya. "Ini hampir seperti reruntuhan bangunan tua, tempat orang-orang pergi, dan tanaman telah pindah kembali." 
 

4. Buat vertikal


Teras di Barcelona dikelilingi tembok putih tinggi yang seakan menutupi ruang. Solusi pemilik: gantung pakis kecil, tanaman laba-laba, dan lainnya dengan bracket.

"Hal yang hebat tentang penataan wadah kecil ini, dibandingkan dengan tanaman merambat adalah potnya menambahkan kesan kedalaman yang nyata," kata Hilton.
 

5. Selipkan tanaman 


Tambahkan kegembiraan pada sudut kecil dengan beberapa tanaman yang ditempatkan dengan baik. Bisa kreasikan troli sederhana berfungsi sebagai penyangga tanaman dan batang. 

"Saya selalu mencari cara untuk memasukkan tanaman kecil ke tempat yang tidak terduga seperti itu," kata Hilton. "Mereka membuat ruang menjadi dinamis. Plus, philodendron berbentuk hati yang dibawa di sekitar bingkai cermin benar-benar menambah kedalaman dan daya tarik," katanya.
 

6. Menghiasi kamar tidur


Coba gantung tanaman trailing dari langit-langit atau letakan di rak di atas tempat tidur. "Tidur di bawah tanaman membuat kamu merasa seperti sedang berkemah atau berlibur," kata Hilton, yang istrinya membuat tempat tidur gantung mini macrame untuk tanamannya.

(TIN)

MOST SEARCH