End Google Analytics -->
FAMILY

Bila si Kecil Alami Hidung Tersumbat, Coba Lakukan 7 Tips Ini

Mia Vale
Senin 13 Februari 2023 / 07:00
Jakarta: Anak-anak, utamanya bayi, rentan terhadap pilek, batuk, dan flu. Pada beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan hidung tersumbat. Ketika terlalu banyak kelembapan menyebabkan jaringan dan pembuluh darah di hidung membengkak dan karena saluran hidung bayi yang sangat kecil, maka mereka pun lebih rentan terhadapnya. Bahkan sejumlah kecil udara, ASI, atau lendir dapat memicunya.

Nah untuk mengatasi hal itu, Dr Santosh Kumar, Konsultan Dokter Anak dan Ahli Neonatologi, Rumah Sakit Ibu, Banashankari, Bengaluru, membagikan beberapa tips seperti yang dikutip dari HealthShots berikut ini:
 

Penyebab hidung tersumbat

Ada banyak alasan mengapa bayi mungkin mengalami hidung tersumbat. Dada bayi bisa sesak karena menghirup udara yang tidak sehat, asap, paparan virus, polutan, dan iritasi lainnya. Tubuh mereka menghasilkan lendir ekstra di hidung untuk menjebak mereka.

Faktor lain seperti rambut kering dan kondisi cuaca buruk lainnya dapat memicu produksi lendir. Berikut ini tanda-tanda bila hidung bayi tersumbat, di antaranya:

- Pernapasan berisik

- Mendengkur saat tidur

- Hidung mereka tersumbat

- Susah makan (enggak berselera)

- Terisak

- Batuk

- Pilek


(Ingat, bila hidung tersumbat itu disertai demam, lesu, dan batuk yang tidak kunjung reda meski telah menerapkan berbagai cara di atas, segeralah kunjungi dokter. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Cara bersihkan hidung tersumbat

1. Mandikan bayi dengan air hangat, yang telah terbukti sangat membantu mengatasi hidung tersumbat.

2. Periksa pemberian makan atau ASI secara teratur dan ganti popok basah tepat waktu.

3. Gunakan beberapa tetes air garam untuk menghilangkan sumbatan.

4. Pastikan area sekitar bayi kering. Bisa gunakan pelembap atau humidifier untuk menjaga udara di sekitar tetap lembap, bersih, dan bernapas.

5. Memijat pangkal hidung, dahi, dan tulang pipi dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat sesak dada.

6. Pastikan untuk menghilangkan segala jenis asap, polutan, dan alergen dari lingkungan karena dapat menyebabkan bayi menghirup udara yang buruk atau iritasi.

7. Sesi uap dapat membantu mereka bernapas lebih baik.

Hidung tersumbat pada bayi umumnya bersifat sementara. Namun, segera periksakan si Kecil ke dokter jika ia berusia kurang dari tiga bulan bila membuatnya sulit bernapas atau menyusu. Begitu pula bila hidung tersumbat itu disertai demam, lesu, dan batuk yang tidak kunjung reda meski telah menerapkan berbagai cara di atas, segeralah kunjungi dokter. 
(yyy)

MOST SEARCH