COMMUNITY

5 Tips Bikin Rumah Ramah dan Sehat untuk Hewan Peliharaan

A. Firdaus
Jumat 20 Mei 2022 / 17:10
Jakarta: Memiliki hewan peliharaan di rumah sudah bukan lagi sekadar hobi belaka, tapi jadi kegiatan positif bagi pemiliknya. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat menemani keseharian di rumah, menghibur, dan menciptakan suasana hati yang positif.

Berbagai riset pun telah mengatakan bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memelihara hewan, termasuk manfaat kesehatan. Selain mampu menekan stres dan meningkatkan kebugaran dengan bermain bersama hewan peliharaan, menghabiskan hari-hari bersama mereka juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan memiliki penyakit alergi.

Di sisi lain, hewan peliharaan juga memiliki risiko menyebabkan masalah kesehatan, jika tidak dirawat dengan baik. Seperti menularkan virus, kuman, atau parasit yang dapat menyebabkan penyakit.

Maka kesehatan dan kebersihan mereka harus selalu dijaga dan diperhatikan. Seperti dengan melakukan perawatan dan menggunakan peralatan pendukung kegiatan yang bersih dan steril.

"Memiliki hewan peliharaan membawa berbagai dampak tersendiri bagi pemiliknya, terlebih karena ada sesuatu yang unik dari setiap jenis hewan," ucap Bima Aryo, Publik Figur dan pemilik anjing peliharaan dalam rangka kemeriahan kampanye 6.6 Rumah & Hobi Sale, Shopee.
 

1. Memberi makanan dengan wadah steril


Tidak cuma manusia, hewan peliharaan juga harus mendapatkan makanan yang baik, berkualitas, dan mengandung nutrisi seimbang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Ada dua jenis tekstur makanan hewan, yaitu makanan basah dan makanan kering. Pastikan jenis makanan yang kamu berikan telah sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan nya, serta usia dan kondisi yang dimiliki. Selain itu, untuk menjaga kesehatannya, kamu juga bisa memberikan vitamin dan obat cacing khusus hewan.

Untuk menjaga kebersihan makanan yang masuk ke tubuhnya, peralatan dan tempat makan minum hewan kesayangan kamu juga harus selalu bersih dan steril agar bebas dari bakteri dan virus. Wadah makanan dan minuman harus dicuci secara berkala menggunakan air panas dan sabun.

Kamu juga bisa melatih waktu makan mereka dengan menggunakan dispenser makanan otomatis yang akan mengisi wadah makanan secara berkala dan otomatis. Jadi sang hewan kesayangan tidak akan sampai kelaparan kalau kamu sedang sibuk atau di luar rumah!
 

2. Menjaga kebersihan rumah untuk merawat kesehatan dengan Air Purifier & Vacuum Cleaner


Agar hewan peliharaan senang dan tidak stres, kamu harus sering mengajaknya bermain. Bermain dengan sahabat berbulu adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, dan ditambah kamu dan hewan kesayangan akan semakin dekat. Luangkan waktu setidaknya 30 menit sebanyak dua kali sehari untuk bermain sambil belajar dan melatih mereka.

Seringkali selama bermain, banyak bulu-bulu mereka yang rontok di karpet maupun lantai rumah. Bulu hewan yang berserakan ini ternyata bisa membawa bahaya kesehatan bagi manusia, loh!

Maka untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari bulu-bulu maupun resiko virus yang dimiliki hewan, wajib ada air purifier di rumah yang dapat membantu menyaring udara agar tetap sehat. Kamu juga harus rajin mengepel lantai dan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan dan menyaring bulu-bulu hewan yang rontok.
 

3. Memantau kegiatan dengan Pet Cam


Para pemilik hewan peliharaan pasti suka merasa khawatir jika harus meninggalkan sang hewan kesayangan di rumah sendirian. Selain kekhawatiran, meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah juga bisa membuat ia merasa sedih dan kesepian.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini dan bermain bersama sahabat berbulu dari jarak jauh, kamu bisa menggunakan pet cam atau kamera CCTV di daerah tempat ia suka bermain. Dengan kamera ini, kamu bisa mengawasi hewan peliharaan agar tahu apa yang sedang ia lakukan dan memastikannya aman.

Jika terjadi sesuatu, seperti hewan peliharaan kamu terluka atau bertengkar satu sama lain, kamu juga bisa mengecek data dari pet cam untuk mengetahui penyebabnya. Beberapa kamera juga dilengkapi dengan fitur peringatan tentang suara hewan peliharaan, sehingga kamu bisa berbicara dengan mereka melalui fitur bicara dua arah. Kamu bisa tenang dan hewan kesayangan juga senang!
 

4. Memandikan dengan menggunakan perlengkapan grooming hewan


Hewan peliharaan bisa menjadi perantara pembawa virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan dirinya maupun manusia sekitarnya. Maka, sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh mereka dengan rajin memandikannya.

Gak cuma mandi, kalau kamu sering bermain dan berolahraga di luar rumah bersama hewan peliharaan, langsung bersihkan telapak kaki nya sesampai di rumah dan jangan biarkan ia masuk dengan kaki yang kotor, ya.
 

5. Gunakan alat mandi khusus


Memandikan hewan peliharaan ternyata juga tidak bisa sembarangan. Gunakan sabun dan sampo khusus hewan dengan tingkat pH yang sesuai. Sehabis itu, jangan lupa untuk menyikat gigi nya dan menggunting kuku yang sudah panjang.

Setelah tubuhnya dikeringkan dengan handuk maupun pengering rambut, kamu juga harus menyisir bulu mereka agar bulu dan kulit sahabat berbulu tercinta tetap sehat dan bebas kutu.
(FIR)

MOST SEARCH