GAYA OKKY

Intip 7 Koleksi Batik Favorit Model Senior Okky Asokawati

Yuni Yuli Yanti
Sabtu 02 Oktober 2021 / 09:00
Jakarta: Tepat tanggal 2 Oktober 2009, batik mendapatkan pengakuan dunia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Sejak itulah, pemerintah Indonesia menetapkan setiap di tanggal tersebut menjadi peringatan Hari Batik Nasional. 

Demi menunjukkan rasa cinta dan untuk melestarikan budaya bangsa, maka kebanyakan orang pun ramai-ramai mengenakan batik di hari tersebut. Namun lain halnya dengan model senior Okky Asokawati yang justru memakai batik hampir di setiap aktivitasnya. 

Bukan cuma di hari batik saja, karena rasa cintanya pada kain tradisional ini Okky selalu memakainya ke mana pun ia pergi. Termasuk saat jalan-jalan atau berlibur. 

Nah, kali ini Teman Gaya diajak untuk mengintip beberapa koleksi batik milik Okky Asokawati!
 

1. Motif Sawunggaling


(Okky mengaku mulai menggunakan batik di usia belasan tahun saat menjadi model untuk Majalah Gadis. Masih terbesit dalam ingatannya, batik yang pertama kali dikenakan adalah rancangan Iwan Tirta dengan motif  Sawunggaling. Foto: Dok. Pribadi) 
 

2. Gemar pakai batik sejak jadi anggota DPR 


(Saat masih menjadi anggota DPR untuk dua periode, Okky sering mengenakan batik untuk rapat atau kunjungan kerja. Menurutnya, sebagai pejabat publik saat itu batik merupakan salah satu ekspresi untuk mendukung produk fashion lokal dan identitas sebagai warga Indonesia. Foto: Dok. Pribadi)
 

3. Motif dan warna klasik


("Karena aku tipe orang yang menyukai tampilan elegan. Maka yang dipilih motif dan warna yang elegan. Aku jarang mengenakan bunga atau motif kontemporer karena menurutku itu untuk tampilan modern. Sementara, bagiku batik itu adalah sesuatu yang sakral, elegan, warisan budaya jadi cenderung aku memilih warna maupun motif yang klasik," ungkap Okky. Foto: Dok. Pribadi) 
 

4. Couple dengan sang buah hati


(Meskipun sudah tidak menjadi pejabat publik lagi, Okky mengaku masih tetap mengenakan batik untuk acara-acara formal. Misalnya, pernikahan, seminar, dan lain sebagainya. Bahkan, ia pernah berlibur ke tempat wisata kembaran dengan putrinya Quinta. Foto: Dok. Pribadi)
 

5. Tas batik


(Enggak cuma pakaian, Okky juga kerap mengenakan beberapa aksesori dari kain batik untuk mencerminkan identitasnya sebagai warga negara Indonesia. Foto: Dok. Pribadi)
 

6. Paling suka gaun


(Okky paling menyukai batik dalam bentuk gaun dengan motif-motif klasik. Ia menyebutkan batik yang dimilikinya berupa gaun, kemeja, blouse, cape atau rok bawahan. Foto: Dok. Pribadi)
 

7. Syal batik 


(Tak hanya di hari batik, Okky juga sering mengenakan aksesori dari kain tradisional di sela-sela aktivitasnya, seperti syal ini misalnya. Foto: Dok. Pribadi)
(yyy)

MOST SEARCH