FITNESS & HEALTH

3 Faktor Pemicu Diabetes Tipe 2 Selain Konsumsi Gula Berlebih

Medcom
Jumat 20 Mei 2022 / 09:00
Jakarta: Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi, sehingga banyak orang bertanya-tanya apakah mengonsumsi gula bisa jadi pemicunya.

Meskipun benar bahwa terlalu banyak makan gula dapat meningkatkan risiko diabetes, namun ada banyak faktor lain yang juga berperan dalam diabetes tipe 2, dan gula hanyalah salah satunya.

Banyak faktor lain yang menjadi penyebabnya. Jika kamu sudah memiliki resiko genetik, memiliki pola makan yang tidak sehat, dan kelebihan berat badan, kamu berisiko terkena diabetes tipe 2 lebih awal di usia muda.

Untuk menghindari hal itu, kamu juga harus memahami peran yang dimainkan gula dalam diabetes tipe 2, ada baiknya kita melihat sekilas bagaimana gula dalam darah atau glukosa darah, bisa jadi terlalu tinggi.

Gula darah paling banyak dipengaruhi oleh karbohidrat yang ditemukan dalam segala hal mulai dari buah-buahan, kentang, roti, permen, dan soda. Selama pencernaan, karbohidrat dipecah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah.

Itu hal yang baik karena glukosa adalah sumber energi utama tubuh kita. Sel-sel tubuh kamu harus memiliki energi untuk berfungsi, tetapi glukosa yang sama dapat menjadi racun pada kadar tinggi dalam darah. 

Menurut Diana Licalzi, ahli gizi di Boston, glukosa perlu meninggalkan darah dan masuk ke dalam sel-sel tubuh untuk berfungsi sebagai pembuat energi. Di sinilah insulin masuk. Diproduksi oleh pankreas, insulin bertindak seperti kunci, membuka kunci sel untuk memungkinkan glukosa masuk ke dalam. 


(Terlalu banyak makan gula dalam jangka waktu yang lama meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan memberi tekanan pada sel-sel penghasil insulin. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Resistensi Insulin

Dalam diabetes tipe 2, kemampuan sel untuk merespons insulin terganggu dan gula tetap ada dalam aliran darah alih-alih secara efisien dikirim ke sel. Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin. Resistensi insulin dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk kelebihan berat badan, pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga, dan obat-obatan tertentu.

 

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko  

Jika kamu terkena diabetes karena faktor keturunan, mungkin tidak banyak yang bisa kamu lakukan. Tetapi jika itu datang dari faktor yang bisa kamu kendalikan, mempertahankan berat badan yang sehat adalah yang utama dalam mencegah penyakit, menunda timbulnya, atau memperlambat perkembangannya.

"Membawa kelebihan berat badan, terutama di sekitar perut, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, serta penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan bahkan stroke," kata Licalzi. 

Menurut American Heart Association, pria harus membidik lingkar pinggang 101,6 cm atau kurang dan wanita harus membidik 88.9 cm atau kurang. Mereka yang memiliki berat badan lebih rendah, tetapi memiliki lingkar pinggang yang besar artinya lebih banyak lemak perut sehingga juga berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

 

Makan sehat lebih dari sekedar gula 

Gula bukan satu-satunya penyebab yang berkontribusi pada peningkatan diabetes tipe dua di AS. "Kualitas keseluruhan dari makanan standar Amerika bertanggung jawab terhadap pengembangan diabetes tipe dua atau prediabetes," kata ahli diet UCLA, Dana Hunnes. 

"Diet khasnya adalah tinggi karbohidrat olahan, lemak, protein hewani, dan garam, dan rendah serat, air, buah-buahan dan sayuran." tambahnya.

Penghitungan kalori tinggi itu meningkatkan berat badan. Sementara itu, semua karbohidrat sederhana seperti kentang goreng, keripik, minuman yang dimaniskan dengan gula, pasta, dan roti yang terbuat dari tepung putih menyebabkan peningkatan gula darah dengan cepat. 

Ketika itu terjadi, tubuh kamu berjuang untuk menghasilkan insulin lebih banyak dan lebih banyak yang gagal menurunkan glukosa darah karena sel mengabaikannya. 

Seiring waktu, lonjakan tersebut cenderung membuat sel-sel penghasil insulin kamu susut dan tubuh berhenti membuat insulin. Jika kamu menderita prediabetes atau diabetes tipe 2, itu berarti setiap kali kamu makan, gula darah terus naik semakin tinggi kecuali kamu mengendalikannya dengan diet, olahraga, dan obat-obatan.
(yyy)

MOST SEARCH