GADGET TIPS

Catat Biar Ingat! Ini Cara Mengatasi Lupa Password

Medcom
Kamis 15 September 2022 / 18:21
Jakarta: Password atau kata sandi menjadi hal yang tidak asing di masyarakat, khususnya saat menggunakan barang elektronik atau media sosial. Kata sandi dibuat untuk melindungi akunmu agar tidak disalahgunakan.

Kata sandi seringkali ditemukan di ponsel atau media sosial. Pada beberapa web juga biasa digunakan kata sandi untuk mengakses laman tersebut. Kata sandi biasanya  terdiri atas 6-12 karakter.

Namun, bagaimana jika kamu lupa kata sandi atau ingin menjaga-jaga agar tidak lupa? Berikut cara-cara untuk mengatasi lupa password. Simak!
 

1. Selalu aktifkan ‘Smart Lock’


Ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi dengan smart lock. Smart lock merupakan fitur bantuan agar kita tidak susah-susah mengetik kata sandi. Fitur smart lock pun terdapat deteksi tubuh, tempat, hingga perangkat yang dipercaya.

Harus diingat, fitur smart lock akan aktif jika kamu telah mengaktifkannya di pengaturan ponselmu. Untuk mengaktifkan smart lock, kamu perlu memasukkan pin ponsel.
 

2. Aktifkan ‘Find My Device’


Tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Untuk kamu pengguna ponsel Samsung, kamu bisa menggunakan fitur ini dengan membuka findmymobile.samsung.com. Kamu dapat mengikuti instruksi selanjutnya dengan membuka opsi ‘Buka kunci perangkat saya’.
 

3. Aktifkan ‘Save Password’ Otomatis di Browser


Ponsel yang sudah terhubung dengan Google atau browser bawaan (Safari atau Samsung Internet), biasanya memiliki fitur ‘Save Password’ untuk menyimpan data akunmu.

Jika kamu tipe orang yang memiliki akun media sosial banyak, pengaktifan fitur ini sangat membantu saat suatu hari kamu lupa kata sandi akun-akunmu. Save Password ini juga berguna tidak hanya situs media sosial, namun web yang membutuhkan ‘Log In’, dapat membantu menyimpan kata sandimu.
 

4. Mencatat password di notes

Cara terakhir adalah pastikan setiap membuat kata sandi, kamu selalu mencatat di dalam buku catatan kecil. Tidak disarankan di catatan ponsel karena jika kamu lupa dengan kata sandi ponsel, kamu akan kehilangan semua kata sandimu.

Cara ini juga bisa dilakukan untukmu yang memang suka lupa akan sesuatu, termasuk melupakan kata sandi akun-akunmu.

Itulah cara-cara untuk mengatasi lupa password. Jika cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ‘reset password’ sesuai dengan cara website tersebut. Misalkan terjadi kepada ponselmu, jalan satu-satunya adalah melakukan reset pabrik, yaitu ponselmu akan disetel dalam keadaan pabrik kembali.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH