GADGET TIPS

Among Us, Permainan Saling Tuduh yang Viral di Tengah Pandemi

Sandra Odilifia
Minggu 18 Oktober 2020 / 09:00
Jakarta: Belakangan ini permainan Among Us kembali ramai diperbincangkan, bahkan menjadi salah satu video gim terpopuler tahun 2020. 

Meskipun sebenarnya Among Us sudah dirilis sejak Juni 2018, gim ini menjadi hit kembali setelah banyak Streamer dan Youtuber yang mulai menyiarkannya. Dan tidak lupa, berkat meme lucu yang tersebar luas di sosial media, membuat banyak orang semakin penasaran pada game dua dimensi ini.

Permainan deduksi sosial klasik (nalar logika) ini mendadak populer karena mudah dimainkan, menyenangkan, dan bisa menjadi sarana hiburan terbaik untuk bersosialisasi secara virtual di tengah pandemi. Menariknya, gim multiplayer ini bisa kamu mainkan melalui PC ataupun smartphone secara gratis lho!

Dikembangkan oleh InnerSloth, sebuah studio kecil di Redmond, Washington, hingga saat ini Among Us telah diunduh oleh lebih dari 158 juta pengguna di seluruh dunia, di App Store dan Google Play, kata SensorTower.
 

Gimana sih cara main gim among us?


Sekilas, Among Us memiliki konsep yang hampir sama seperti Mafia dan Warewolf, di mana akan ada beberapa pemain yang tergabung dengan maksimal kapasitas 10 orang, dan salah satu, dua atau tiga diantaranya adalah penipu atau pengkhianat yang sedang menyamar, atau disebut imposters.

among us
(Karakter astronot imut ini sedang tren dimainkan oleh banyak orang. Developernya mengatakan setiap jam di seluruh dunia paling tidak ada 100.000 pemain yang sedang bermain gim Among Us ini. Foto: Dok. Google store)

Among Us akan memilih secara acak siapa yang akan menjadi penipu di awal permainan. Jika kamu menjadi kru, untuk meraih kemenangan kamu harus secara akurat mengidentifikasi penipu di antara pemain atau menyelesaikan tugas secepatnya. 

Sementara itu, jika kamu terpilih menjadi penipu raihlah kemenangan dengan membunuh kru atau menyabotase pesawat luar angkasa.

Gim kartun dua dimensi ini memiliki tiga peta futuristik yang bisa kamu pilih di awal permainan yaitu

1. Pesawat luar angkasa

2. Stasiun luar angkasa atau 

3. Pangkalan planet

Karakter pemainnya pun menyerupai astronot imut yang berlari dari kamar ke kamar, dengan menyelesaikan tugas-tugas sederhana seperti memecahkan teka-teki dan menggesek kartu identitas.

Sementara itu, kamu harus waspada terhadap rekan-rekanmu yang bertindak mencurigakan atau "fake task" dan laporkan setiap mayat yang kamu temukan.

Setelah mayat dilaporkan atau pertemuan darurat diadakan, seluruh pemain mulai mendiskusikan apa yang mereka lihat saat menyelesaikan tugas. 

Inilah momen yang paling seru dan menegangkan, karena para pemain akan mulai menuduh satu sama lain sebagai upaya untuk mengeluarkan para penipu. Tetapi hati-hati karena tak jarang pula, terjadi salah tuduh yang akhirnya membuat para imposters menang.

Diskusi ini dapat berlangsung melalui obrolan yang ada di dalam aplikasi gim atau melalui aplikasi panggilan video gratis, seperti Discord.

Kamu dapat bergabung dengan permainan umum secara online atau membuat permainan pribadimu sendiri. Setiap permainan memiliki kode unik yang dapat kamu bagikan kepada teman-temanmu agar mereka dapat bergabung. Wah, sepertinya seru ya! Berani coba?
(TIN)

MOST SEARCH