Jakarta: Saat ini tren belanja online cukup meningkat di masyarakat Indonesia. Kemudahan dan kepraktisan ketika membeli barang secara online menjadi keunggulan dibandingkan belanja secara offline.
Namun sayangnya, beberapa hambatan seperti paket yang datang terlambat bisa membuat pengalaman berbelanja online menjadi tidak menyenangkan.
Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Ninja Xpress, ada beberapa alasan penyebab paket datang terlambat. Sebesar 36 persen penerima tidak ada di lokasi, 14 persen alamat tidak lengkap atau salah menginput alamat, 24 persen penerima membatalkan pesanan, dan 22 persen konsumen atau penerima barang belum dapat membayar COD.
Uniknya, baru sekitar 1 persen penerima atau konsumen yang berani meminta penjadwalan ulang ketika tidak sedang berada di lokasi. Padahal penjadwalan ulang dapat mempermudah kurir dalam mengantarkan paket.
Nah, untuk menghindari beberapa kendala tersebut, berikut tips agar paket barang yang dibeli bisa datang tepat waktu:

(Jika kurir menginfokan melalui pesan, segera membalas pesan kurir dengan jelas, sehingga memudahkannya untuk mengantarkan barang. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)
Jika kurir menginfokan melalui pesan, segera membalas pesan kurir dengan jelas, sehingga memudahkan kurir untuk mengantarkan barang milik pelanggan dan pelanggan pun mendapatkan barangnya dengan cepat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(yyy)
Namun sayangnya, beberapa hambatan seperti paket yang datang terlambat bisa membuat pengalaman berbelanja online menjadi tidak menyenangkan.
Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Ninja Xpress, ada beberapa alasan penyebab paket datang terlambat. Sebesar 36 persen penerima tidak ada di lokasi, 14 persen alamat tidak lengkap atau salah menginput alamat, 24 persen penerima membatalkan pesanan, dan 22 persen konsumen atau penerima barang belum dapat membayar COD.
Uniknya, baru sekitar 1 persen penerima atau konsumen yang berani meminta penjadwalan ulang ketika tidak sedang berada di lokasi. Padahal penjadwalan ulang dapat mempermudah kurir dalam mengantarkan paket.
Nah, untuk menghindari beberapa kendala tersebut, berikut tips agar paket barang yang dibeli bisa datang tepat waktu:
1. Pastikan berada di lokasi
Untuk meminimalisir paket datang terlambat, berada di lokasi sesuai dengan alamat yang telah diinput di situs belanja online dapat memudahkan kurir untuk mengirimkan barang kepada konsumen.2. Pastikan alamat lengkap
Dengan menulis alamat yang lengkap sesuai dengan lokasi pengiriman paket, akan memudahkan kurir dalam mengirim barang. Dengan begitu, paket yang dibeli pun akan datang sesuai dengan alamat tujuannya.
(Jika kurir menginfokan melalui pesan, segera membalas pesan kurir dengan jelas, sehingga memudahkannya untuk mengantarkan barang. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)
3. Jangan membatalkan tiba-tiba
Sebelum membayar barang yang akan dibeli secara online tersebut, pastikan barang yang dibeli sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Jangan sampai membatalkannya secara tiba-tiba karena hal ini bisa merugikan penjual atau bahkan kurir.4. Khusus COD, bayar dahulu sebelum membuka paket
Dalam menggunakan sistem cash on delivery (COD), pastikan sudah paham dengan sistem COD yang berlaku. Banyak masyarakat yang belum memahami layanan COD ini. Untuk itu, pastikan kamu membayar terlebih dahulu barang sebelum membukanya. Jika tidak sesuai, ajukan komplain kepada penjual bukan kepada kurir yang mengantar.5. Jangan ragu jadwalkan ulang waktu penerima
Segera jadwalkan ulang waktu penerima barang, jangan ragu untuk menghubungi kurir yang akan mengantarkan paket. Hal ini kerap terjadi dalam proses pengiriman barang.Jika kurir menginfokan melalui pesan, segera membalas pesan kurir dengan jelas, sehingga memudahkan kurir untuk mengantarkan barang milik pelanggan dan pelanggan pun mendapatkan barangnya dengan cepat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(yyy)