GADGET TIPS

Wajib Tahu! Ini 3 Risiko Beli Smartphone Garansi tak Resmi!

A. Firdaus
Jumat 22 Juli 2022 / 20:15
Jakarta: Smartphone merupakan sebuah produk elektronik yang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di era digital. Hal ini lantas membuat banyak orang berlomba-lomba membeli smartphone demi memudahkan kehidupan.

Malahan, ada yang rela membeli smartphone bergaransi tak resmi dengan harga lebih terjangkau tanpa memikirkan risiko dan persoalan yang akan terjadi setelahnya.

Padahal, smartphone dengan garansi tidak resmi sebenarnya memiliki bahaya yang bisa merugikan pengguna. Oleh sebab itu, sebelum kamu memutuskan untuk beli, cek 3 risiko beli smartphone bukan garansi resmi di bawah ini:
 

1. Komponen tak terjamin keasliannya


Wajar kalau kamu tergiur untuk membeli smartphone murah. Namun, pernahkah kamu terbayang alasan nilai jualnya bisa lebih murah? Jika komponennya bukan ori gimana? Sebuah smartphone akan berjalan normal dan tanpa kendala apabila komponen yang digunakan sesuai standar dari merek tersebut.
 

2. Tidak dapat menggunakan layanan after sales


Kalau kamu membeli smartphone bukan garansi resmi, kamu takkan menerima jaminan berupa layanan perbaikan smartphone secara gratis di service center resmi. Sayang banget kan seumpama smartphone barumu bermasalah dan alhasil harus keluarin budget lagi buat service. Jadi, walaupun mereknya sama dengan smartphone garansi resmi yang beredar, kamu belum tentu dapat membawa smartphone bergaransi tidak resmi punyamu untuk di-service di tempat resmi.
 

3. Berpotensi Kena Blokir IMEI


Risiko membeli smartphone bergaransi tidak resmi terakhir adalah berpotensi terblokir oleh pemerintah. Sebab nomor IMEI tak teregistrasi di Kemenperin (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia).

Berdasarkan undang-undang yang baru, smartphone yang tak teregistrasi IMEI-nya tidak akan bisa terhubung dengan jaringan seluler. Dampaknya, pengguna tidak akan bisa melakukan aktivitas seperti mengirim pesan, melakukan panggilan telepon ataupun terkoneksi ke jaringan internet alias kamu tak akan bisa pakai nomornya.

Jadi, jika kamu berencana untuk membeli smartphone garansi tak resmi, sebaiknya kamu pikir dua kali! Jangan sampai kamu membeli smartphone murah, tapi setelah dipakai beberapa saat sudah ada kerusakan.

Pastikan HP yang kamu beli bergaransi resmi. Salah satu distributor resmi adalah TAM (Teletama Artha Mandiri) yang dijamin resmi dan sudah melewati proses yang ditetapkan berbagai pihak berwenang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain mendapatkan pengalaman terbaik dalam penggunaannya, beli smartphone bergaransi resmi yang didistribusikan TAM bikin kamu mendapatkan rasa aman, karena terlindungi dari kerugian akibat menggunakan smartphone tak resmi.
(FIR)

MOST SEARCH