End Google Analytics -->
GADGET TALK

Stasiun MRT Lebak Bulus Punya Robot Pintar Pertama Buatan Indonesia

Medcom
Rabu 04 Januari 2023 / 14:15
Jakarta: Indonesia memiliki robot pintar bernama Ropi. Robot ini karya anak bangsa buatan tim pengembang PT MRT dan bekerjasama dengan Universitas Gunadarma.

Ropi merupakan singkatan dari Robot Pintar, ini adalah robot pertama buatan indonesia yang dapat berjalan otomatis, mendeteksi arah di sekitarnya, serta berinteraksi dengan manusia.

Guna mendukung dan mengapresiasi karya anak bangsa, PT MRT Jakarta menguji coba robot pintar itu di MRT Lebak Bulus untuk berpatroli di area stasiun untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa MRT.
 

Yuk berkenalan lebih lanjut dengan Ropi


Ropi memiliki ciri yang didominasi warna putih. Ia berbentuk persegi panjang dengan tinggi sekitar 160 cm, dan roda sebagai pengganti kaki untuk berjalan.

Ropi juga dilengkapi dengan layar serta kamera yang dapat berputar 360 derajat. Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi mengungkapkan, Ropi merupakan salah satu inovasi yang dilakukan MRT.
 

Bagaimana cara kerjanya?


Ropi memiliki fungsi untuk membantu pengunjung yang bertanya dan melakukan patroli di area stasiun untuk mengawasi aspek operasional stasiun, termasuk fasilitas, dan kondisi area publik.

Tak hanya itu, ternyata melalui Ropi, penumpang MRT dapat melihat petugas lewat layar yang ada di robot pintar, sedangkan petugas melihat penumpang dengan layar ada ada di ruangan stasiun. Bahkan, petugas dapat melihat apa yang dilihat oleh Ropi melalui ponsel di kantor ataupun di rumah.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH