GADGET TALK

Mengintip Masa Depan di Oppo Inno Day Indonesia

A. Firdaus
Rabu 19 Januari 2022 / 21:35
Jakarta: Usai menggelar Inno Day 2021 Desember lalu di Tiongkok, kini Oppo menggelar event tahunannya itu untuk pertama kali di Indonesia. Berlokasi di Melting Pot GF Ashta District 8, Inno Day akan berlangsung mulai 19 Januari hingga 30 Januari 2022.

Dalam Inno Day ini, kamu akan mengintip masa depan tampilan produk dari Oppo. Sebab konsumen di Indonesia akan berpapasan langsung dengan empat produk anyar perusahaan teknologi asal Tiongkok ini. Di antaranya, Find N, Air Glass, Retractable Camera, dan NPU.

"Inno DAY merupakan agenda tahunan OPPO yang telah dilaksanakan sejak 2019. Pameran teknologi ini telah dianggap sebagai kegiatan penting dalam sejarah perusahaan untuk memamerkan berbagai inovasi teknologi yang mutakhir yang telah dikembangkan," ujar Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Sayangnya keempat produk tersebut, belum diluncurkan secara resmi di Indonesia. Jadi, ini akan menjadi momen berharga jika kamu menjajal keempat produk anyar tersebut di Oppo Inno Day.
 

Berkenalan dengan 4 produk anyar Oppo


Di sini, kamu bisa menguji langsung kecanggihan Find N sebagai smartphone flagship lipat pertama OPPO. Find N memiliki rasio lanskap, Flexion Hinge, Mode FlexForm, Serene Display, tiga kamera unggulan, desain ergonomis, dan performa luar biasa.


Smartphone lipat pertama dari Oppo. (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

Sementara itu, Air Glass merupakan perangkat aR (assisted Reality) berbentuk kacamata tunggal yang revolusioner. Hadir dengan desain yang futuristik dan unik, teknologi Air Glass memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan berbagai fitur menarik dengan cepat dan mudah.


Yang paling menarik adalah penampilan Air Glass (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

"Semua itu bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan gerakan tangan, gerakan kepala, suara, atau menyentuh layar virtual yang muncul di perangkat," terang Patrick.

Lebih lanjut Patrick menerangkan, Retractable Camera mengadopsi mekanisme retractable (dapat ditarik). Kamera ini mampu memberikan panjang fokus setara dengan 52 mm (2X Optical zoom) yang membuat ‘efek bokeh’ menjadi semakin jelas dan jernih, baik dalam format foto ataupun video.


Retractable Camera memiliki keunggulan lensa kamera di bagian belakang yang menonjol keluar saat aktif dan bakal menarik ke bagian dalam ketika tidak digunakan. (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

Ketika kamera membentang keluar, sensor SONY IMX766 1/1,56 inci secara otomatis berfungsi. Retractable Camera mendukung optical image stabilization (OIS), auto-focus dan akan kembali rata dengan modul kamera lainnya saat ditarik. Retractable Camera hanya membutuhkan waktu 0,6 detik untuk ditarik sepenuhnya, sehingga aman saat terjatuh, serta tahan percikan air dan debu.

Produk anyar yang diperkenalkan ke khalayak Indonesia adalah, NPU. Produk ini merupakan teknologi pencitraan pertama yang dikembangkan oleh OPPO, di mana pemrosesan RAW dapat dilakukan secara real-time. Sehingga pengguna dapat merekam video menggunakan fitur 4K AI Night Video dan menampilkan live preview dengan kualitas yang menakjubkan.
 

Menjajal fitur terkini


Pada kesempatan ini, Oppo juga menyediakan perangkat Find X3 Pro 5G dan Reno6 5G & Pro 5G bagi para pengunjung yang ingin mencoba fitur-fitur terkininya.

Contohnya, fitur 1 Billion Colour dalam Find X3 Pro 5G yang mampu menangkap jutaan warna dan menyajikannya dengan sempurna senyata aslinya di layar smartphone.


Oppo juga memamerkan produk-produk anyarnya yang sudah dijual di Indonesia. (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

Fitur Bokeh Flare Portrait Video dan AI Highlight Video dalam Reno6 5G & Pro 5G, yang memungkinkan pengguna untuk merekam beragam emosi manusia yang terlupakan (Forgotten Emotion) dan mempersembahkan pengalaman video format portrait tingkat tinggi layaknya profesional.

"Tak ketinggalan, jaringan 5G dalam ketiga perangkat tersebut terbukti dapat memberikan konektivitas 5G yang terbaik dengan tetap memastikan efisiensi daya," terang Patrick.
 

Pameran para seniman


Tak hanya itu, OPPO juga memamerkan hasil kolaborasi eksklusifnya dengan dengan para figur ternama Indonesia Agan Harahap, Davy Linggar, Martin Westlake, dan Muhammad Fadli yang tergabung dalam PhotoFinders.

Ada juga Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza yang tergabung dalam CineFinders, serta pemenang Renovators: Forgotten Emotion, sebuah kompetisi yang diadakan pada 2021 lalu.


Di Inno Day ini, kamu juga bisa melihat hasil jepretan dari para seniman menggunakan smartphone Oppo. (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

“Kami sangat bangga dapat menggandeng figur-figur luar biasa nan inspiratif, serta menampilkan foto dan video penuh warna yang mereka abadikan dengan Find X3 Pro 5G dan Reno6 5G & Pro 5G dalam kegiatan INNO DAY ini,” ujar Patrick.

Tidak ketinggalan dipamerkan pula kolaborasi OPPO dengan merek ternama seperti Jo Malone, Bang & Olufsen, Darbotz, Anti Social Social Club, Lamborghini, dan Wimbledon.  Di setiap kerja sama ini, OPPO menghadirkan smartphone versi limited dengan desain super unik, mewah dan berselera tinggi.
 

Immersive Room


Dan yang tak kalah ketinggalan, Immersive Room. Ruangan ini merupakan ruang seni digital yang didesain oleh Sembilan Matahari berukuran 4x4 meter. Saat berada di ruangan sensasional ini kamu dapat sepenuhnya merasakan pengalaman teknologi terbaru OPPO.


Di Immersive Room ini kamu akan merasakan sensasi seperti saat menggunakan Oppo Air Glass. (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

Saat memasuki Immersive Room, kamu akan disambut dengan layar raksasa yang gelap. Namun, ketika pengunjung mengangkat salah satu produk (Find N, Air Glass atau Retractable Camera) yang terdapat di ruangan, seketika Immersive Room akan dipenuhi dengan cahaya dan warna yang indah dan menakjubkan.

Setelah itu, layar akan menampilkan video mengenai kecanggihan produk, yang membuat pengunjung seolah-olah dikelilingi dan menyatu dengan teknologi tersebut. Immersive Room juga sangat instagrammable sehingga cocok dijadikan spot foto kekinian.
(FIR)

MOST SEARCH