GADGET TALK

8 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui

Sandra Odilifia
Selasa 17 November 2020 / 20:13
Jakarta: Tak dipungkiri jika aplikasi WhatsApp telah banyak digandrungi oleh masyarakat, bahkan kini penggunanya mencapai 2 miliar. Namun, tahukah kamu whatsapp memiliki fitur-fitur tersembunyi yang menarik?
 
Melansir dari Cnet, berikut 12 trik tersembunyi di WhatsApp yang jarang diketahui:
 

1. Format huruf tebal, miring atau dicoret


Trik ini memungkinkan kamu membuat kalimat tebal, miring, atau menambahkan coretan dengan cepat. Untuk melakukannya, kamu perlu menambahkan karakter khusus sebelum dan sesudah teks yang ingin kamu format.

Misalnya, teks tebal menggunakan tanda bintang *teks*, teks cetak miring dengan garis bawah _teks_ dan teks coretan dengan tilde ~teks~.
 

2. Buat pesan kamu menghilang


WhatsApp memungkinkanmu mengaktifkan pesan yang hilang untuk percakapan tertentu. Jika diaktifkan, semua pesan akan hilang dari obrolan setelah tujuh hari.

Jika ingin mengaktifkan fitur ini, cukup menekan kontak atau nama obrolan di bagian atas layar kamu. Pilih Pesan yang Menghilang dari daftar opsi lalu tekan Aktif.
 

3. Membintangi pesan


Nah buat kamu yang aktif memakai whatsapp, mungkin ada beberapa chat atau data penting yang harus kamu lihat berkali-kali. Agar tak kesulitan mencarinya, kamu bisa lho membintangi pesan tersebut. Kemudian jika ingin menemukannya, tinggal cari pada kolom 'pesan berbintang', cukup mudah kan?
 

4. Kosongkan penyimpanan, dan lihat siapa yang paling sering Anda ajak bicara


Caranya buka Pengaturan> Penyimpanan dan Data> Kelola Penyimpanan. Fitur ini akan menampilkan daftar kontak dan urutan siapa yang paling banyak menggunakan penyimpanan di ponselmu. Tentunya ini akan memudahkanmu untuk membersihkan file di dalam ponsel.
 

5. Lihat detail pesan


Pernah bertanya-tanya jam berapa pesan dikirim atau dibaca? Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu gesek ke kiri pada pesan yang terkirim untuk melihat statistik tersebut di iPhone. Sementara, Android dapat menekan lama pada pesan, lalu ketuk tombol menu> Info.
 

6. Mute percakapan


Kamu dapat memilih untuk membungkam pesan selama delapan jam, satu minggu atau selalu. Caranya, pada Android dapat menekan lama obrolan, lalu ketuk ikon speaker yang disilang di bagian atas layar. Sementara, pengguna iPhone dapat menggesek ke kiri melintasi percakapan, lalu ketuk tombol tiga titik diikuti dengan Bisukan.
 

7. Sembunyikan status terakhir dilihat


Salah satu keunggulan aplikasi pesan ini adalah dapat mengetahui kapan terakhir pengguna WhatsApp online, namun bagi sebagian orang itu membuatnya tidak nyaman.

Jika kamu merasakannya, kamu bisa mematikan notifikasi tersebut, caranya Buka Pengaturan> Akun> Privasi> Terakhir Dilihat. Kemudian pilih dari Semua Orang, Kontak Saya atau Tidak Ada.
 

8. Nonaktifkan tanda terima telah dibaca


Kamu juga dapat menonaktifkan tanda dibaca di WhatsApp. Ini akan mencegah sesama pengguna mengetahui bahwa kamu telah membaca pesannya.

Caranya, Buka Pengaturan> Akun> Privasi dan hapus centang pada kotak atau geser tombol di sebelah Baca Tanda Terima ke posisi Mati. Namun perlu kamu ingat, fitur ini tak berlaku untuk obrolan grup ya!
(FIR)

MOST SEARCH