FITNESS & HEALTH

Tips Lansia dengan Prostat Bisa Tidur Nyenyak

Kumara Anggita
Kamis 10 Juni 2021 / 20:16
Jakarta: Pada usia yang lebih tua, laki-laki mungkin akan memiliki masalah prostat. Masalah prostat ini bisa mengganggu kualitas tidur secara keseluruhan karena tengah malam, mereka akan terbangun untuk buang air kecil.

Kira-kira apakah ada cara untuk mendapatkan tidur berkualitas untuk masalah ini? Dr. Pukovisa Prawiroharjo Sp.S (K), Dokter Spesialis Saraf RSUI memberikan masukan untuk hal ini.
 

Pengobatan


Hal utama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengobatan. Ini akan memperbaiki kualitas tidur secara signifikan.

“Buat bapak-bapak yang prostat yang suka terbangun, ini diobati prostatnya akan membaik. Pengobatan bisa dilakukan dengan pakai obat atau operasi,” jelasnya dalam seminar awam 'Bicara Sehat RSUI Ke-40: Tidur Nyenyak Lansia Sehat di Era Pandemi.'
 

Tidak minum saat mau tidur


Walaupun minum itu bagus untuk menghidrasi tubuh, ini bisa buat orang dengan masalah prostat jadi tidak nyaman. Minum yang banyak membuat mereka jadi ingin buang air kecil sehingga tidur pun jadi terbangun terus.

“Tips, kalau mau tidur jangan banyak minum. Sudah mengetahui bahwa prostat cari perkara dengan minum. Ini menerjang masalah,” jelasnya.
 

Tidurnya dicicil


“Tidurnya bisa dikredit lima kali tidurnya. Sekalinya sejam tak apa,” jelasnya. Dengan seperti itu, orang dengan masalah prostat tetap bisa cukup tidur. 

Menurut dr. Pukovisa usia 55-60 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 7-6.5 jam sementara untuk usia 80 tahun membutuhkan setidaknya 6 jam. 

(TIN)

MOST SEARCH