FITNESS & HEALTH

Lakukan 4 Hal Ini untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Muhammad Syahrul Ramadhan
Minggu 03 April 2022 / 17:26
Jakarta: Saat berpuasa tubuh praktis tidak mendapat asupan cairan selama 12 jam. Hal ini berisiko mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Risiko semakin tinggi bagi yang melakukan banyak aktivitas, terutama di luar ruangan  selama Berpuasa.

Dehidrasi terjadi karena tubuh kekurangan asupan cairan. Karena, cairan yang keluar lebih banyak dari yang diterima tubuh.

Umumnya dehidrasi yang terjadi bersifat ringan dan tidak sampai mengancam nyawa. Meski begitu, dehidrasi tidak boleh diremehkan. Sebab, dehidrasi bisa mengakibatkan tubuh lemas dan berkurangnya konsentrasi yang berefek pada aktivitas.

4 cara mencegah dehidrasi

1. Konsumsi Air Sesuai Kebutuhan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa adalah mengonsumsi air dengan pengaturan waktu yang tepat. Tetap minum delapan gelas air per harinya atau setara 2,5 liter, dengan aturan 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, serta 2 gelas sebelum tidur.

Mengonsumsi air sesuai kebutuhan
(Mengonsumsi air sesuai kebutuhan foto: Pexels)
 

2. Hindari minuman yang mengandung kafein

Siapa yang tidak menyukai kopi ataupun teh? Kebanyakan orang pasti menyukai atau hampir meminum salah satu dari minuman tersebut secara rutin. Tetapi, di balik rasanya yang enak, minuman ini mengandung kafein yang dapat meningkatkan rasa haus apabila dikonsumsi secara berlebih.
 
Kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urine. Dengan begitu, garam dan air dari tubuh akan terbuang. Jadi, hindari minum minuman yang mengandung kafein untuk menjaga diri kalian tetap terhidrasi selama berpuasa. Sebaiknya, tetap minum air putih dan pastikan kalian meminumnya sebanyak 2 sampai 2,5 liter pada rentang waktu berbuka puasa hingga azan subuh.
 
Perlu diingat, jika kalian tetap ingin minum minuman manis ataupun yang mengandung kafein. Lebih baik, setelahnya kalian minum air putih dengan jumlah yang lebih banyak.

3. Kurangi mengonsumsi makanan pedas dan asin

Bagi kalian para pecinta makanan pedas dan sobat micin, pastinya akan sedih mendengar ini. Faktanya, makanan pedas dan asin dapat meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air. Atas dasar tersebut, kurangi mengonsumsi makanan pedas dan asin. Cobalah pertahankan untuk memakannya dalam porsi kecil.
 

4. Hindari paparan panas

Indonesia berada di wilayah iklim tropis. Kondisi itu membuat kita sulit untuk tidak terpapar udara yang panas. Tetapi, cobalah untuk menghindari panas sebanyak mungkin saat berpuasa.
Temperatur yang panas akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat.
 
Hal itu akan berujung kepada hilangnya cairan pada tubuh. Sebaiknya, batasi waktu kalian di luar ruangan dan tetap menempatkan diri kalian di tempat yang teduh dan sejuk.
(RUL)

MOST SEARCH