FITNESS & HEALTH
3 Hal Penting Mengimplementasikan Transformasi Layanan Rujukan di Indonesia
A. Firdaus
Kamis 25 Januari 2024 / 20:58
Jakarta: Kolaborasi menjadi kunci untuk mewujudkan sesuatu yang positif pada zaman sekarang ini. Termasuk untuk masalah transformasi kesehatan.
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menjalin kerja sama dengan rumah sakit kelolaan Kementerian Kesehatan melalui Transformasi Layanan Rujukan. Komitmen ini dipertegas dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) di Makassar, pada Sabtu 20 Januari 2024.
Transformasi Layanan Rujukan merupakan bagian dari pilar kedua program prioritas Kemenkes, yaitu Transformasi Kesehatan Indonesia, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta pemerataan layanan kesehatan di seluruh Indonesia.
Kemitraan strategis ini juga sejalan dengan inisiatif yang dijalankan Prudential Indonesia untuk memberikan layanan kesehatan yang unggul dan profesional, agar masyarakat dapat #YakinMelangkah dalam mewujudkan perlindungan hingga masa depan.
"Kami berterima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Kesehatan dan OJK terhadap Prudential Indonesia untuk mendukung implementasi Transformasi Layanan Rujukan, termasuk membuka peluang kerja sama dengan 34 Rumah Sakit Vertikal yang secara langsung dikelola pemerintah," ujar Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia.
Baca juga: Ini 4 Faktor Risiko yang Memengaruhi Nilai Premi Asuransi Nasabah
"Kami melihat semangat Kementerian Kesehatan untuk membuka pintu kerja sama 34 Rumah Sakit Vertikal dengan perusahaan asuransi sejalan dengan semangat kami dalam menghadirkan PRUPriority Hospitals," sambungnya.
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya kolaborasi sebagai salah satu upaya untuk mendorong transformasi kesehatan di Indonesia.
Menkes Budi menyebut terdapat tiga hal yang harus menjadi perhatian dalam implementasi Transformasi Layanan Rujukan di Indonesia, yaitu pelayanan yang bagus, berbasis penelitian, dan mampu mengampu atau membina rumah sakit milik pemerintah daerah.
Selain itu, akses yang mudah, kualitas yang bagus, dan harga yang murah perlu dipenuhi sebagai parameter layanan kesehatan, untuk dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan yang baik.
Prudential Indonesia telah meluncurkan inovasi layanan PRUPriority Hospitals pada November 2023 sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperluas layanan kesehatan yang berkualitas, mudah diakses, terjangkau, dan berpusat pada masyarakat.
PRUPriority Hospitals juga diluncurkan sebagai wujud komitmen perusahaan untuk senantiasa mendengarkan kebutuhan masyarakat, kondisi pasar, serta biaya kesehatan dari waktu ke waktu.
Melalui PRUPriority Hospitals, diharapkan nasabah dapat memperoleh kualitas proteksi unggul dan menyeluruh, berupa efektivitas proses persetujuan klaim, transparansi estimasi biaya perawatan yang sesuai dengan jalur klinis di rumah sakit, serta peningkatan mutu layanan kesehatan berbasis bukti medis. Dengan demikian, nasabah dapat memiliki peluang terbaik untuk meraih manfaat kesehatan terdepan dan berkesinambungan atas polis asuransi yang dimiliki.
Hingga saat ini, program PRUPriority Hospitals telah menjalin kemitraan strategis dengan 171 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Indonesia dan luar negeri. Kemitraan strategis tersebut secara bertahap akan terus diperluas secara merata di tingkat nasional, termasuk dengan rumah sakit vertikal kelolaan Kementerian Kesehatan.
"Prudential Indonesia akan terus berkolaborasi, baik dengan pemerintah maupun pihak lainnya, untuk menghadirkan inovasi layanan berkualitas dengan mendengarkan, memahami, dan mewujudkan perlindungan secara berkelanjutan di setiap kehidupan untuk masa depan," tutup Michellina.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menjalin kerja sama dengan rumah sakit kelolaan Kementerian Kesehatan melalui Transformasi Layanan Rujukan. Komitmen ini dipertegas dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) di Makassar, pada Sabtu 20 Januari 2024.
Transformasi Layanan Rujukan merupakan bagian dari pilar kedua program prioritas Kemenkes, yaitu Transformasi Kesehatan Indonesia, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta pemerataan layanan kesehatan di seluruh Indonesia.
Kemitraan strategis ini juga sejalan dengan inisiatif yang dijalankan Prudential Indonesia untuk memberikan layanan kesehatan yang unggul dan profesional, agar masyarakat dapat #YakinMelangkah dalam mewujudkan perlindungan hingga masa depan.
"Kami berterima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Kesehatan dan OJK terhadap Prudential Indonesia untuk mendukung implementasi Transformasi Layanan Rujukan, termasuk membuka peluang kerja sama dengan 34 Rumah Sakit Vertikal yang secara langsung dikelola pemerintah," ujar Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia.
Baca juga: Ini 4 Faktor Risiko yang Memengaruhi Nilai Premi Asuransi Nasabah
"Kami melihat semangat Kementerian Kesehatan untuk membuka pintu kerja sama 34 Rumah Sakit Vertikal dengan perusahaan asuransi sejalan dengan semangat kami dalam menghadirkan PRUPriority Hospitals," sambungnya.
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya kolaborasi sebagai salah satu upaya untuk mendorong transformasi kesehatan di Indonesia.
Menkes Budi menyebut terdapat tiga hal yang harus menjadi perhatian dalam implementasi Transformasi Layanan Rujukan di Indonesia, yaitu pelayanan yang bagus, berbasis penelitian, dan mampu mengampu atau membina rumah sakit milik pemerintah daerah.
Selain itu, akses yang mudah, kualitas yang bagus, dan harga yang murah perlu dipenuhi sebagai parameter layanan kesehatan, untuk dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan yang baik.
Prudential Indonesia telah meluncurkan inovasi layanan PRUPriority Hospitals pada November 2023 sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperluas layanan kesehatan yang berkualitas, mudah diakses, terjangkau, dan berpusat pada masyarakat.
PRUPriority Hospitals juga diluncurkan sebagai wujud komitmen perusahaan untuk senantiasa mendengarkan kebutuhan masyarakat, kondisi pasar, serta biaya kesehatan dari waktu ke waktu.
Melalui PRUPriority Hospitals, diharapkan nasabah dapat memperoleh kualitas proteksi unggul dan menyeluruh, berupa efektivitas proses persetujuan klaim, transparansi estimasi biaya perawatan yang sesuai dengan jalur klinis di rumah sakit, serta peningkatan mutu layanan kesehatan berbasis bukti medis. Dengan demikian, nasabah dapat memiliki peluang terbaik untuk meraih manfaat kesehatan terdepan dan berkesinambungan atas polis asuransi yang dimiliki.
Hingga saat ini, program PRUPriority Hospitals telah menjalin kemitraan strategis dengan 171 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Indonesia dan luar negeri. Kemitraan strategis tersebut secara bertahap akan terus diperluas secara merata di tingkat nasional, termasuk dengan rumah sakit vertikal kelolaan Kementerian Kesehatan.
"Prudential Indonesia akan terus berkolaborasi, baik dengan pemerintah maupun pihak lainnya, untuk menghadirkan inovasi layanan berkualitas dengan mendengarkan, memahami, dan mewujudkan perlindungan secara berkelanjutan di setiap kehidupan untuk masa depan," tutup Michellina.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)