FITNESS & HEALTH

Pasien dengan Batu ginjal Bolehkah Puasa?

Kumara Anggita
Senin 03 Mei 2021 / 09:00
Jakarta: Puasa adalah hal yang baik untuk kesehatan namun di sisi lain ini juga bisa menyebabkan dehidrasi. Karena itu, beberapa orang beranggapan bahwa puasa bahaya untuk mereka yang punya batu ginjal

Namun ini ternyata salah. Menurut dr. Dyandra Parikesit, B.MedSc, Sp.U orang dengan batu ginjal tetap bisa menjalankan ibadah puasa asalkan melakukannya dengan hati-hati. Yang penting adalah kebutuhan harian cairan orang tersebut terpenuhi.

“Kalau sudah punya batu ginjal sih tidak masalah. Bagaimana cara kita hidrasi kita cukup. Jadi tidak dehidrasi. Jadi minumnya cukup,” ujarnya dalam Live IG RS UI dengan Topik Waspada Batu Ginjal Selama Puasa.

Ia menyarankan agar setiap orang memenuhi kebutuhan cairan harian yaitu dua liter. Perbanyak minum saat berbuka puasa dan lanjutkan saat sebelum tidur dan sahur.

“Kalau puasa agak lebih tricky karena konsumsi cairan yang sama dengan waktu lebih sempit. Begitu buka puasa konsumsi puasa banyak di situ karena kita menggantikan cairan yang hilang tadi pagi, siang, sore,” ujarnya. 

“Ada yang membagi 500 cc saat sahur, 750 cc saat berbuka setelah itu sisanya sebelum tidur. Saya tahu itu bukan jumlah kecil, itu banyak banget bisa mual, jadi tetap dicicil saja,” sarannya.

Selain itu, agar puasa lebih aman, sebaiknya pasien dengan batu ginjal juga berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan perencanaan yang disesuaikan dengan keadaan pasien. 

“Baiknya perencanaan konsultasikan dulu pada dokter urologinya, biar dilihat fungsi ginjalnya, status batu saluran kemihnya bagaimana sehingga untuk menjalankan puasa lebih tahu untuk terhindar dari dehidrasi,” tutupnya. 

(TIN)

MOST SEARCH