FITNESS & HEALTH

3 Minuman Penambah Kekebalan Tubuh, Cocok Diminum Saat Sakit

Kumara Anggita
Minggu 11 Oktober 2020 / 13:00
Jakarta: Beberapa asupan dapat membantu daya tahan dan tubuh kamu. Apalagi saat sakit, hal yang bisa kita lakukan pada tubuh adalah meningkatkan kekebalannya. Ini bisa dilakukan dengan mendapat nutrisi yang tepat. 

Dan kamu bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan dengan buat minuman di bawah ini. Dikutip dari Healthline, kombinasi beberapa minuman ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh kamu:
 

1. Jeruk, anggur, dan citrus



Kombinasi jeruk, anggur dan citrus memberikan banyak asupan vitamin C yang kamu butuhkan. Vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang melindungi sel Anda dari zat yang merusak tubuh.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka jadi berjalan lama, respons kekebalan yang terganggu, dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi dengan benar.

Saat ini tidak ada bukti bahwa vitamin C oral efektif dalam mencegah penularan virus corona baru (SARS-CoV-2) atau mengobati penyakit yang ditimbulkannya, covid-19

Namun, penelitian telah menunjukkan harapan untuk infus vitamin C intravena (IV) sebagai pengobatan covid-19. Lebih banyak uji klinis sedang dikerjakan untuk pengobatan, bukan pencegahan, menggunakan infus IV ini.

Jika kamu sedang flu, vitamin C dosis tinggi dapat kamu konsumsi dan menyebabkan gejala flu jadi tidak terlalu parah dan pemulihan yang lebih cepat. Untuk orang dewasa, batas atas yang dapat ditoleransi adalah 2.000 miligram (mg) sehari.
 

2. Apel hijau, wortel, dan jeruk



Wortel, apel, dan jeruk adalah kombinasi unggulan untuk membantu tubuh kamu melindungi dirinya sendiri dan melawan infeksi. Apel dan jeruk memberi kamu vitamin C. Sementara wortel memberikan vitamin A yang juga penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin B-6, yang berperan penting dalam proliferasi sel kekebalan dan produksi antibodi.
 

3. Mint semangka



Semangka tidak hanya kaya vitamin C dan arginin (yang dapat meningkatkan sistem kekebalan kamu), tetapi juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Nyeri otot adalah gejala umum flu, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Kandungan air yang banyak pada buah ini juga dapat memudahkan pembuatan jus. Kamu juga bisa mencampurkan jus semangka dengan jus buah biasa lainnya, seperti apel atau jeruk.

(TIN)

MOST SEARCH