FITNESS & HEALTH

Panduan Diet Keto yang Lengkap

Kumara Anggita
Selasa 12 Januari 2021 / 10:00
Jakarta: Diet keto adalah salah satu jenis diet yang cukup banyak direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Kamu juga boleh mencobanya bila kamu anggap polanya sesuai dengan kemampuanmu.

Dikutip dari Healthline diet keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang memiliki banyak kesamaan dengan Atkins dan diet rendah karbohidrat

Ini melibatkan pengurangan asupan karbohidrat secara drastis dan menggantinya dengan lemak. Penurunan karbohidrat ini membuat tubuh kamu berada dalam keadaan metabolisme yang disebut ketosis.

Ketika ini terjadi, tubuh kamu menjadi sangat efisien dalam membakar lemak untuk energi. Ini juga mengubah lemak menjadi keton di hati yang dapat memasok energi untuk otak.
 

Diet keto dapat membantu menurunkan berat badan


Diet ketogenik adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dan menurunkan faktor risiko penyakit. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik mungkin sama efektifnya untuk menurunkan berat badan seperti diet rendah lemak.

Terlebih lagi, dietnya sangat mengenyangkan sehingga kamu bisa menurunkan berat badan tanpa menghitung kalori atau melacak asupan makanan kamu seperti kebanyakan diet yang sudah kamu coba.

Satu ulasan dari 13 studi menemukan bahwa mengikuti diet rendah karbohidrat, ketogenik sedikit lebih efektif untuk penurunan berat badan jangka panjang daripada diet rendah lemak. 

Orang yang mengikuti diet keto kehilangan rata-rata 2 pon (0,9 kg) lebih banyak daripada kelompok yang mengikuti diet rendah lemak.

Studi lain pada 34 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa mereka yang mengikuti diet ketogenik selama delapan minggu kehilangan hampir lima kali lebih banyak lemak tubuh total daripada mereka yang mengikuti diet rendah lemak.
 

Makanan yang harus dihindari diet keto


Bila kamu mau memulai diet keto dan bingung mau makan apa, kamu bisa mengikuti panduan umum berikut ini tentang makanan apa yang harus dihindari dilansir dari sumber yang sama:

1. Makanan manis: soda, jus buah, smoothie, kue, es krim, permen, dan semacamnya

2. Biji-bijian atau pati: produk berbahan dasar gandum, nasi, pasta, sereal, dan lain-lain

3. Buah: semua buah, kecuali beri dalam porsi kecil seperti stroberi

4. Buncis atau polong-polongan: kacang polong, kacang merah, lentil, buncis, dan lain-lain

5. Umbi-umbian kentang, ubi jalar, wortel, parsnip, dan lain-lain

6. Produk rendah lemak atau diet: mayones rendah lemak, saus salad, dan bumbu

7. beberapa bumbu atau saus: saus barbekyu, mustard madu, saus teriyaki, saus tomat, dan lain-lain

8. Lemak tidak sehat: minyak nabati olahan, mayones, dan lain-lain

9. Alkohol: bir, anggur, minuman keras, minuman campuran

10. Makanan diet bebas gula: permen bebas gula, sirup, puding, pemanis, makanan penutup
 

Makanan yang perlu kamu makan dalam diet keto


1. Daging: daging merah, steak, ham, sosis, bacon, ayam, dan kalkun

2. Ikan berlemak: salmon, trout, tuna, dan mackerel

3. Telur: telur utuh pastured atau omega-3

4. mentega dan krim: mentega dan krim kental

5. Keju: keju yang belum diolah seperti cheddar, goat, cream, blue, atau mozzarella

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian: almond, walnut, flaxseed, biji labu, biji chia, dan lain-lain

7. Minyak sehat: minyak zaitun extra virgin, minyak kelapa, dan minyak alpukat

8. Alpukat: alpukat utuh atau guacamole yang baru dibuat

9. Sayuran rendah karbohidrat: sayuran hijau, tomat, bawang bombay, paprika, dan lain-lain

10. Bumbu: garam, merica, bumbu, dan rempah-rempah.
(TIN)

MOST SEARCH