FITNESS & HEALTH

5 Makanan Ini Punya Kandungan Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

Raka Lestari
Jumat 23 Oktober 2020 / 19:10
Jakarta: Jeruk terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga daya tahan tubuh dan mencegah tubuh terkena flu dan pilek.

Akan tetapi, sebenarnya ada banyak sekali sumber makanan selain jeruk yang juga tinggi akan kandungan vitamin C. Dilansir dari Health, berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang tinggi akan vitamin C, selain jeruk:
 

1. Cabai


Setengah cangkir cabai cincang atau yang sudah dipotong dadu mengandung 107,8 mg vitamin C. Selain itu, peneliti dari University of Buffalo menemukan bahwa capsaicin, senyawa yang membuat cabai menjadi panas, dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot.
 

2. Kale


Selain kaya akan vitamin A dan vitamin K, kale juga kaya akan kandungan vitamin C. Satu cangkir kale mengandung sekitar 80,4 mg vitamin C. Sayuran yang juga sering disebut-sebut sebagai superfood ini juga dapat memberikan dosis mineral dan asam lemak yang cukup besar.
 

3. Pepaya


Penelitian menunjukkan bahwa makan pepaya dapat membantu mengatasi penyakit sinusitis, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang. Satu porsi cangkir buah pepaya dapat memberikan 88,3 mg vitamin C.
 

4. Strawberry


Salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi ini mengandung 84,7 mg vitamin C per cangkirnya. Selain itu, buah ini juga tinggi akan folat dan senyawa yang terbukti dapat membantu kesehatan jantung. Salah satu manfaat lain dari strawberry adalah dapat memutihkan gigi secara alami.
 

5. Nanas


Satu cangkir nanas mengandung 78,9 mg vitamin C. Nanas juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang dapat membantu dalam proses penghancuran makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi alami yang dapat membantu penyembuhan tubuh lebih cepat setelah olahraga.
(FIR)

MOST SEARCH