FITNESS & HEALTH

Cara Menghindari Jerawat Saat Pakai Masker

Kumara Anggita
Selasa 13 Oktober 2020 / 10:25
Jakarta: Saat ini, kita harus menerapakan 3M dalam kehidupan sehari-hari yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Kebijakan ini tentunya akan berdampak merugikan bila dilakukan dengan tidak benar, khususnya masker yang bisa menimbulkan jerawat di sekitar wajah. 

Dilansir dari Bustle, Ellen Marmur yang berbasis di New York dan pendiri MMSkincare menjelaskan bahwa hampir setiap masker wajah memiliki potensi untuk menghasilkan jerawat

“Beberapa dari masker bersifat abrasif pada kulit sehingga menyebabkan iritasi dari tekstur yang kasar,” katanya. Masker yang lebih lembut dapat menahan bakteri dan dapat menyebabkan kekeringan. 

"Masker yang dapat digunakan kembali dapat memiliki residu dari detergen yang juga dapat menyebabkan jerawat,” jelasnya. Bukan hanya itu, tetapi menghirup udara melalui masker ini juga dapat mengiritasi kamu. 

“Rebreathing bakteri oral ke kulit dapat menyebabkan kolonisasi jerawat dan bakteri atipikal pada kulit. Juga, keringat dan sebum akan meningkat karena berjam-jam memakai masker,” tambahnya. 

Namun ada beberapa cara untuk menguranginya seperti membeli masker wajah kain.

Meskipun masker sekali pakai tampaknya merupakan opsi yang solid, ingatlah bahwa masker itu tidak dirancang untuk penggunaan secara berulang. 

Setelah dipakai, kamu seharusnya langsung membuangnya. Namun, jika kamu mencari cara yang lebih ramah lingkungan untuk menjaga wajah tetap bersih, pilih masker wajah yang dapat dicuci yang terbuat dari kain.


(Jangan lupa rajin mencuci masker kamu ya setiap malam setelah dipakai. Foto: Dok. Gaya.id/Sandra Odilifia)
 

Jangan lupa mencuci muka dan masker kamu


Hal yang tidak dapat dihindari adalah ketika  kotoran, minyak, dan kotoran akan tersangkut di masker kamu, terlepas dari seberapa sering kamu mencucinya.

“Mulailah dengan memastikan kulit kamu bersih dan lembap sebelum kamu mengenakan masker," saran Marmur. 

“Cuci maskermu dengan sabun lembut dan air setiap malam,” lanjutnya. 

Pastikan juga untuk meningkatkan rutinitas wajah malam kamu. "Cuci wajah kamu dengan pembersih lembut sebelum dan sesudah menggunakan masker karena bakteri dan kelembapan dapat terbentuk saat kamu mengenakan masker dan menyebabkan jerawat," kata Marmur.

Rawat kulit kamu saat sedang tak pakai masker


“Kulit yang bagus dimulai dengan kulit yang baik,” Marmur mengingatkan. "Jaga kulitmu saat tak pakai masker dengan produk tepat dan perlindungan dari sinar matahari,” lanjutnya.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menambahkan beberapa ritual ke perawatan harian kulit kamu. "Kamu juga dapat menggunakan perawatan  untuk menenangkan jerawat dan menggunakan masker (skincare) wajah dua kali seminggu," kata Marmur.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun. 
(TIN)

MOST SEARCH