FITNESS & HEALTH

Cegah Penyakit Jantung, Ini Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Rendy Renuki H
Senin 06 Desember 2021 / 00:04
Jakarta: Buah tin memang terdengar cukup asing di telinga. Namun, buah seukuran ibu jari itu ternyata mengandung sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya yang menjadi banyak sumber manfaat untuk kesehatan. Selain itu, daging buah tin pun cukup manis dan enak saat dikonsumsi.

Dalam sebiji buah tin terkandung sejumlah nutrisi seperti karbohidrat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan folat. Serta terkandung juga Vitamin A dan Vitamin K.

Berikut manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Memakan buah tin dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Melansir Livestrong, kandungan serat tinggi di buah tin bisa membatu kesehatan usus dan mengurangi sembelit.

2. Menurunkan kolesterol

Buah yang menyerupai tetesan air mata ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Vitamin B6 yang terkandung didalamnya membantu memproduksi serotonin di dalam tubuh.

3. Mencegah kanker usus besar

Serat yang terkandung di buah tin membantu membuang kotoran di dalam usus. Kotoran yang ada di dalam usus besar dapat dibuang karena banyak kandungan biji di dalam buah tin.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan fenol dan asam lemak omega-3 dan omega-6 di buah tin bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan itu dapat menurunkan kadar trigliserida (partikel lemak) dalam darah.

5. Memperkuat tulang

Mengonsumsi rutin buah tin dapat membantu memperkuat tulang. Pasalnya, buah tim mengandung kalsium, kalium, dan magnesium yang baik untuk tulang.

6. Sumber antioksidan

Buan tin menjadi salah satu buah dengan kandungan sumber antioksidan. Semakin matang buah tin, maka akan semakin banyak kandungan antioksidan di dalamnya yang baik untuk tubuh.
(REN)

MOST SEARCH