FITNESS & HEALTH

Cara Menghentikan Mimisan dengan Cepat

Raka Lestari
Selasa 17 November 2020 / 18:11
Jakarta: Mimisan adalah masalah yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Meskipun terlihat mengerikan, mimisan biasanya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Pada beberapa kasus, mimisan memang bisa menjadi tanda sesuatu yang serius atau masalah medis lainnya.

"Penyebab paling umum mimisan yang saya lihat adalah udara kering dan dingin," kata Troy Madsen, MD, seorang profesor kedokteran darurat di University of Utah. Ia juga menambahkan bahwa banyak orang mengalami mimisan pada musim dingin, terutama saat suhu turun di bawah titik beku.

“Suhu rendah mengurangi jumlah kelembapan di udara, dan hidung tampaknya sangat rentan terhadap perubahan ini karena udara kering menyebabkan kulit mengering dan mudah rusak,” kata Madsein. 

“Mengupil juga dapat membuat kamu berisiko lebih tinggi untuk mengalami mimisan, terutama di musim dingin.” Untuk menghentikan mimisan, Madsen menyarankan untuk mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Duduk tegak dan condongkan tubuh sedikit ke depan agar darah tidak mengalir ke tenggorokan

2. Jepit kedua lubang hidung tepat di bawah bagian tulang hidung, kemudian cobalah untuk menekan tulang rawan

3. Tahan posisi tersebut selama lima menit sambil bernapas melalui mulut

4. Lepaskan lubang hidung secara perlahan dan periksa apakah hidung masih mengeluarkan darah

5. Jika hidung masih mengeluarkan darah, tahan posisi menjepit kedua hiidung tadi selama 10 menit lagi

6. Meskipun tidak selalu diperlukan, kamu bisa meletakkan kompres es di batang hidung untuk membantu menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat pendarahan. 

Kamu juga dapat mencoba menyemprotkan dua semprotan dekongestan yang dijual bebas, ke dalam lubang hidung yang berdarah dan menahannya selama 15 menit. 

Jika pendarahan sudah berhenti, hindari membungkuk, mengangkat benda berat, dan menyeka atau membuang ingus sepanjang hari.
(TIN)

MOST SEARCH