FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Mengonsumsi Jambu bagi Kesehatan

Kumara Anggita
Kamis 22 Oktober 2020 / 19:43
Jakarta: Mengonsumsi buah khususnya jambu adalah hal yang sekarang perlu menjadi pertimbangan kamu. Hal itu karena jambu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja itu? Berikut manfaat jambu dilansir Healthline:

1. Jambu dapat menurunkan gula darah


Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Satu studi pada 19 orang mencatat bahwa, minum teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efeknya bertahan hingga dua jam.

Tak hanya itu, studi lain pada 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa, minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10%.
 

2. Jambu dapat meningkatkan kesehatan jantung


Banyak ilmuwan percaya bahwa kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi pada daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kadar kalium dan serat larut yang lebih tinggi dalam jambu biji juga diduga berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung.
 

3. Jambu dapat membantu meringankan sakit karena menstruasi


Terdapat beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri akibat kram menstruasi. Sebuah penelitian pada 197 perempuan yang mengalami gejala nyeri menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari, dapat menurunkan intensitas nyeri. Tampaknya bahkan lebih kuat daripada beberapa obat penghilang rasa sakit.
 

4. Jambu dapat membantu menurunkan berat badan


Jambu biji adalah makanan ramah penurunan berat badan. Ini karena buah satu ini hanya terdiri dari  37 kalori namun memberikan 12% asupan serat yang kamu butuhkan. Jadi ini cocok banget buat cemilan kamu saat sore hari.
 

5. Jambu bagus untuk kulitmu


Berbagai macam vitamin dan antioksidan yang dikemas dalam jambu biji dapat memberikan keajaiban bagi kulit kamu. Sumber menunjukkan bahwa antioksidannya dapat melindungi kulit kamu dari kerusakan yang dapat memperlambat proses penuaan dan membantu mencegah keriput muncul.
(FIR)

MOST SEARCH