FITNESS & HEALTH

Manfaat Mengonsumsi Ikan Lele, Bisa Dijadikan Menu Diet

Kumara Anggita
Rabu 06 Januari 2021 / 09:06
Jakarta: Bisa dibilang, ikan lele menjadi menu favorit orang Indonesia. Selain enak, jenis ikan air tawar ini juga memberikan banyak manfaat kesehatan lho.

Dikutip dari Healthline, ikan lele memiliki tiga manfaat utama, sehingga cocok untuk kamu memasukkan ke menu diet antara lain:
 

1. Berprotein tinggi tanpa lemak


Protein adalah salah satu sumber energi utama dalam makanan. Protein juga bertanggung jawab untuk membangun dan memperbaiki jaringan dan otot, serta berfungsi sebagai blok bangunan untuk banyak hormon, enzim, dan molekul lainnya.

Satu porsi ikan lele 3,5 ons (100 gram) menyediakan 32-39% dari kebutuhan protein harianmu hanya dalam 105 kalori.

Sebagai perbandingan, porsi salmon yang sama menyediakan sekitar setengah dari kebutuhan protein harian kamu, tetapi ikan salmon mengandung lebih dari 230 kalori.

Sumber protein padat nutrisi seperti ikan lele dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang. Ikan ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk orang-orang yang memperhatikan jumlah kalori mereka tetapi ingin memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup.
 

2. Kaya akan asam lemak omega-3


Ikan lele dan makanan laut lainnya cenderung memberikan lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan dengan makanan lain menurut sumber.

Asam lemak omega-3 terkenal karena perannya dalam kesehatan otak. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, kandungan ini bahkan dapat membantu mengobati kondisi neurologis dan mental, termasuk kehilangan memori, gangguan hiperaktif defisit perhatian (ADHD), dan depresi. Tak hanya itu, omega-3 dikaitkan dengan peningkatan kekuatan otot rangka, kesehatan jantung, dan bahkan mikrobioma usus.

Mengingat tubuh tidak dapat memproduksi omega-3 sendiri, kamu perlu mendapatkannya melalui makanan. Satu fillet ikan lele seberat 3,5 ons (100 gram) memberikan 237 mg, atau 15-20% dari Adequate Intake (AI) untuk orang dewasa (5).
 

3. Sumber vitamin B12 yang baik


Satu porsi ikan lele 3,5 ons (100 gram) menawarkan hingga 121% dari DV untuk vitamin B12. Banyak orang yang kekurangan vitamin ini.

Tingkat vitamin B12 yang cukup terkait dengan beberapa manfaat kesehatan potensial, termasuk peningkatan kesehatan mental, perlindungan terhadap penyakit jantung, dan pencegahan dan pengobatan anemia menurut sumber. Kendati demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang beberapa manfaat ini.
(FIR)

MOST SEARCH