FITNESS & HEALTH

Lama Serangan Migrain dan Cara Mengatasinya

Kumara Anggita
Minggu 22 Agustus 2021 / 11:00
Jakarta: Serangan migrain bisa terjadi pada siapa saja. Ada yang berlangsung sebentar ada pula yang lama. Dinukil dari Alodokter, sakit kepala migrain dapat menyebabkan sakit yang berdenyut di satu wilayah tertentu yang intensitasnya dapat bervariasi. 

Mual serta kepekaan terhadap cahaya serta suara juga merupakan gejala umum. Dalam sumber Healthline dipaparkan migrain dapat bertahan dari 4 - 72 jam jika tidak ditangani. Durasi dan frekuensi migrain bervariasi dari orang ke orang.

Ada bentuk migrain yang sangat intens yang disebut status migrainosus (SM). Ini dapat menyebabkan gejala selama lebih dari 72 jam, bahkan dengan pengobatan.

Dikutip dari Medical News Today, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa sakit migrain tersebut antara lain:
 

1. Obat bebas


Ini termasuk penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil, Motrin IB), dan aspirin. Obat pereda migrain juga tersedia untuk pengobatan migrain ringan. Excedrin Migrain adalah salah satu contohnya. Ini mengandung kafein, aspirin, dan asetaminofen.


migrain
(Jika obat penghilang tak bisa menyembuhkan mingrain kamu, coba konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang lebih komprehensif. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Obat resep


Obat resep untuk migrain meliputi:

1. Triptan seperti sumatriptan (Imitrex, Tosymra) dan rizatriptan (Maxalt), yang memblokir sinyal rasa sakit dihydroergotamines, yang merupakan semprotan hidung atau suntikan yang mengubah penyempitan pembuluh darah di otak

2. Opioid yang merupakan obat penghilang rasa sakit yang sangat kuat

3. Obat antimual, yang diresepkan dokter untuk mengatasi gejala mual dan muntah
 

Pengobatan rumahan untuk migrain


Orang yang mengalami migrain dapat mencoba pengobatan rumahan berikut ini sendiri. Perawatan ini juga bisa dikombinasikan dengan obat:

1. Berbaring di ruangan yang gelap dan sunyi, tidur atau istirahat
2. Menerapkan kompres hangat atau dingin ke kepala dan leher
3. Mandi
4. Minum kafein
5. Berlatih yoga atau meditasi untuk mengurangi tingkat rasa sakit

Jika berbagai cara sudah dicoba dan migrain tak kunjung hilang, ada baiknya kamu konsultasikan pada dokter umum atau dokter saraf/neurologis yaitu adalah dokter spesialis yang mendiagnosis dan mengobati masalah yang berkaitan dengan otak dan sistem saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


(TIN)

MOST SEARCH