FITNESS & HEALTH

Masker Kamu Bau? Segera Ganti yang Baru

Kumara Anggita
Minggu 15 November 2020 / 07:00
Jakarta: Memakai masker adalah hal yang wajib kita lakukan di tengah pandemi ini khususnya saat kita keluar. Dan hal ini membuat orang jadi sadar bahwa ternyata masker yang digunakan selama ini mengeluarkan aroma-aroma tidak sedap.

Dikutip dari Refinery 29, masker yang bau adalah pertanda kurang baik. Kamu harus segera menggantinya. 

“Saya mendapat banyak pertanyaan ini dari pasien saya, dan itu pasti pertanyaan yang penting. Tanggapan saya adalah: ‘Sudah berapa lama kamu menggunakan masker’,” kata Darien Sutton, MD, seorang dokter gawat darurat di Rumah Sakit Bellevue di New York City kepada Refinery29.

“Saat kamu menggunakan masker bedah, kamu menghirupnya dan partikel pernapasan kamu mendarat di masker. Bakteri dalam partikel tersebut kemudian dapat tumbuh dan menyebabkan bau yang menurut kamu tidak enak,” jelasnya. 

Selain itu, jika memang harus, kamu juga boleh saja memakai masker sekali pakai lebih dari sekali. Namun menurutnya kamu harus sangat berhati-hati agar tidak mencemari diri sendiri. 


masker
(Batas mengganti masker dengan yang baru maksimal empat jam atau jika masker kamu sudah bau atau basah. Foto: Unsplash.com)


Ini artinya kamu harus melepas masker wajah kamu dengan benar (dari belakang, bukan dari depan), dan menyimpannya di tempat yang jauh. 

Sutton merekomendasikan masker gantung. Letakan masker tersebut di gantungan. Namun bila baunya sudah aneh, jangan ragu untuk langsung membuangnya. 

Jadi jangan malas-malas untuk menggantinya ya! Jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan 3M lainnya yaitu menjaga jarak dan mencuci tangan. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)

MOST SEARCH