FITNESS & HEALTH

Cara Mengatasi Rasa Insecure akibat Kegagalan

Raka Lestari
Selasa 18 Januari 2022 / 16:42
Jakarta: Kegagalan terkadang bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri atau merasa insecure. Tidak peduli seberapa cerdas seseorang, masalah pekerjaan, sekolah, atau bahkan rumah tangga bisa sangat menantang, jika kamu merasa tidak cukup mampu menghadapi itu semua.

Dan kegagalan untuk melawan rasa insecure tersebut bisa berdampak negatif pada hubungan percintaan serta karier, yang juga bisa mengarah pada depresi. Dilansir dari Everyday Health, inilah cara yang bisa kamu lakukan:
 

1. Memahami apa yang diri kamu rasakan


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pahami rasa insecure tersebut. Tanyakan kepada diri sendiri kenapa kamu merasakan perasaan insecure tersebut.

Dengan mengetahui akar dari perasaan insecure tersebut, kamu akan menemukan 2 hal. Pertama, bahwa sebenarnya penyebab rasa insecure itu tidak selalu harus dikhawatirkan. Dan kedua, penyebab rasa insecure bisa ditemukan jalan keluarnya.
 

2. Mulai mengatasi dengan langkah kecil


Ketika kamu sudah mengetahui penyebab rasa insecure, kamu bisa langsung melakukan cara untuk mengatasi rasa insecure. Misalnya, jika kamu memiliki rasa insecure ketika berada di keramaian, cobalah untuk perlahan-lahan berada di keramaian. Pertama-tama bisa dengan bantuan teman atau keluarga, lalu kemudian mencoba berada di keramaian sendirian.
 

3. Mengubah perspektif


Ketika semua hal yang ada di sekitarmu terasa negatif, cobalah untuk berpikir dari perspektif yang lain atau dari segi positifnya. Pikirkan hal yang memang kamu bisa lakukan. Jika kamu mengalami kegagalan. Temukan hal positif dari balik kegagalan yang kamu alami tersebut. Selain itu juga jangan lupa untuk terus selalu bersyukur.
 

4. Lakukan hal yang kamu bisa


Temukan hal yang memang kamu bisa lakukan. Misalnya saja, lakukan hobi yang kamu sangat mahir di dalamnya, agar kamu bisa melepaskan stres yang dialami dan bisa membangun kepercayaan diri kembali.

Jika kamu tidak memiliki hobi, coba lakukan kegiatan seperti menjahit atau menyulam yang tidak hanya membutuhkan kemampuan fisik, tetapi juga talenta yang dimiliki.
 

5. Memberikan hadiah pada diri sendiri


Mengatasi rasa insecure akan menjadi lebih mudah jika kamu memiliki kebiasan untuk memberi hadiah pada diri sendiri ketika sukses melakukan sesuatu. Kesuksesan apapun yang diraih, entah itu hal besar atau kecil harus diapresiasi dan dirayakan. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu fokus pada masalah yang dialami.
(FIR)

MOST SEARCH